Kharisma Jati Terlacak Bukan Pertama Kali Tulis Surat Terbuka Minta Maaf, Pernah Bikin Orang Tersinggung Lho

19 November 2022 10:09 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com - Komikus Kharisma Jati mengunggah surat terbuka permintaan maaf yang dia tujukan kepada Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi beserta keluarga besar kepresidenan di akun facebook-nya, pada Jumat (18/11/2022).

Nama Kharisma Jati mendadak trending di twitter karena cuitannya dianggap merendahkan Ibu Negara Iriana Jokowi.

Pasalnya Kharisma Jati mengunggah foto Ibu Negara Iriana Jokowi yang disandingkan dengan Ibu Negara Korea Selatan, Kim Keon Hee.

Baca Juga: Dea OnlyFans Divonis 10 Bulan Penjara Terkait Kasus Pornografi

Masalahnya bukan pada foto kedua sosok pendamping pimpinan negara itu, namun ada pada kalimat yang publik anggap tidak mencerminkan moral dan etika yang baik.

Meskipun akhirnya Kharisma Jati telah menghapus cuitannya itu, sekaligus juga menghapus akunnya di twitter, namun hari ini pria yang berasal dari Yogyakarta itu bikin heboh warganet di facebook.

Lewat akun resminya, Kharisma Jati menuliskan permohonan maafnya. Kharisma Jati bahkan mengaku siap menerima dampak atas apa yang dia lakukan.

Namun dalam surat terbukanya itu dia menegaskan tidak akan meminta maaf kepada pendukung rezim.

"Namun tidak ada sedikitpun permintaan maaf saya terhadap para pendukung fanatik rezim ini, yang merasa bisa berbuat sesukanya sendiri tanpa mengindahkan moral dana etika, karena saya bukan penjilat; pembeo; maupun perundung, dan tidak sedikitpun saya membenarkan perbuatan semacam itu. Framing, fitnah, dan ujaran kebenciang yang mereka buat hanya mencerminkan arogansi dan kemunafikan mereka," tulis Kharisma Jati dalam unggahannya.

Dan disinilah cerita kembali dimulai. Warganet yang tidak terima dengan kalimat Kharisma Jati itu pun langsung menggeruduk akunnya.

Akun Kharisma Jati pun banjir komentar, dan seperti sebelumnya di media sosial twitter, komentar-komentar warganet pun tak berhenti mengkritik isi surat permohonan maaf komikus itu.

Terpantau sampai saat ini unggahan permohonan maaf Kharisma Jati kepada Ibu Iriana Jokowi telah dikomentari sebanyak 2000 komentar warganet.

Bahkan jelas terbaca ada sebanyak 1,8 ribu kali warganet turut membagikan unggahan tersebut.

Tidak hanya kolom komentar pada unggahan itu saja yang digeruduk warganet, unggahan Kharisma Jati yang lain pun habis dikomentari warganet.

Seperti yang terlihat dalam unggahan Kharisma Jati pada tanggal 8 November 2022. Dia menulis caption: "Nikke".

Salah satu warganet membalas unggahan Kharisma Jati dengan mengirimkan sebuah foto yang berisi tiga unggahan Kharisma Jati di tahun yang berbeda.

Unggahan itu ternyata adalah unggahan permohonan maaf yang pernah ditulis Kharisma Jati dan dia unggah di akun facebooknya.

Selain unggahan permohonan maaf Kharisma Jati hari ini, ternyata pada tahun 2015, Kharisma Jati juga pernah mengunggah permohonan maaf, begini isinya.

"Dear all, saya minta maaf telah mengunggah hal yang tidak pantas dan memberikan informasi yang tidak benar. Tidak ada coret-coret di tempat yang tidak semestinya. Beberapa pihak yang terlanjur tersinggung oleh postingan tersebut, saya minta maaf sebesar-besarnya. Saya janhi tidak akan terulang lagi."

Baca Juga: Kasus Teddy Minahasa: Hotman Paris: Barang Bukti Narkoba 5 Kilogram di Kejaksaan

Lalu tahun berikutnya, tepatnya pada tahun 2016, Kharisma Jati juga mengunggah permohonan maaf secara terbuka di laman facebook-nya.

"Dengan ini saya menyatakan permintaan maaf sedalam-dalamnya kepada Mbak Lala Sheila Rooswitha dan keluarga, juga kepada pihak-pihak yang telah tersinggung oleh karya saya, baik yang terdahulu maupun yang belakangan muncul. Atas sebab itu saya bersedia menanggung apapun konsekuensi atas tindakan saya tersebut."

Hingga saat ini, komentar atas unggahan Kharisma Jati itu terus bertambah, namun tak satupun komentar warganet itu dibalas Kharisma Jati. ***

Tags :

Leave a comment