Jerman Tersingkir di Piala Dunia 2022, Manuel Neuer Malah Pecahkan Rekor

3 Desember 2022 08:32 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com – Kapten timnas Jerman, Manuel Neuer, harus tertunduk lesu usai tim yang berjuluk 'Der Panzer' itu mengalahkan Kosta Rika pada lanjutan Piala Dunia 2022 Qatar.

Meskipun Jerman menang dengan skor 4-2, mereka tidak bisa berlaga di 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar.

Pertandingan antara Jerman vs Kosta Rika terjadi pada Jum'at (02/12/22) dini hari di Al Bayt Stadium. Dalam laga terakhir tersebut Manuel Neuer dan kawan-kawan bersusah payah untuk mengumoulkan point di Grup E Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: Korea Selatan Ungguli Portugal di Laga Akhir Grup H Piala Dunia 2022 Qatar: Lolos 16 Besar Dampingi Seleccao

Sayangnya timnas kebanggan Munuel Neuer malah menempati posisi ke tiga Grup E pada ajang Piala Dunia 2022 Qatar, hal ini disebabkan karena gol-gol yang diciptakan oleh tim Jerman tak mampu menyalip Spanyol yang berada di posisi ke dua.

Gol-gol pada pertandingan akhir mereka dicatatkan oleh Serge Gnabry (10'), Kai Havertz (73', 85'), dan Niclas Fullkrug (89'). Para punggawa Jerman ini mampu menjebol gawang Kosta Rika sebanyak empat kali.

Tak tinggal diam, Kosta Rika juga memberi serangan balasan ke gawang Manuel Neuer. Dengan ketangkasan Yeltsin Tejeda (58') dan Juan Pablo Vargas (70'), pertahanan Jerman dijebol sebanyak dua kali.

Perjalanan pertandingan berlangsung sengit, suara sorak penonton bahkan juga menambah suasana semakin seru di Al Bayt Stadium. Mereka saling mendukung timnas masing-masing pada Jum'at (2/12/22) kemarin.

Meskipun di laga akhir timnas Jerman harus pulang duluan, dampak posisitif dari pertandingan Piala Dunia 2022 Qatar rupanya masih membawa angin segar bagi Manuel Neuer.

Kiper dari klub Bayern Munchen ini berkontribusi menjaga sektor pertahanan timnas Jerman. Berkat keterampilannya yang apik, Der Panzer bisa memperkecil kemungkinan gol yang bisa saja jebol bila tidak dikawal ketat oleh Neuer.

Kehadiran Manuel Neuer di Piala Dunia 2022 Qatar juga menandai kontribusinya yang ke-19 bagi Jerman. Der Panzer selalu setia menginginkan gawang mereka dijaga oleh kiper asal klub Bayern Munchen tersebut.

Tidak hanya itu saja, karena sering wara-wiri di Piala Dunia, dia berhasil menyalip rekor legendaris asal Negara Brasil, Claudio Taffarel. Sedangkan dari tanah kelahirannya sendiri, Manuel Neuer berhasil tundukkan rekor kiper legendaris Jerman Sepp Maier.

Ketika Piala Dunia 2010 sedang berlangsung di Afrika, Manuel Neuer sudah dipercayakan menjaga ketat gawang timnas Jerman dari terjangan lawan.

Sebenarnya dia hanya bermain sebagai ban serep dari Rene Adler. Namun sebelum turnamen dimulai, Adler mengalami cedera sehingga absen mendukung timnas Jerman. Untuk menggantinkan sang kiper, tim Der Panzer langsung menunjuk Manuel Neuer sebagai pemain starter.

Semenjak laga tersebut, nama Neuer dikenal oleh publik, debut pertamanya di Piala Dunia 2010 Afrika ternyata menjadikan dirinya menjelma sebagai kiper kepercayaan Jerman hingga sekarang.

Baca Juga: Lukman Sardi Sukses Perankan 'Sugar Daddy' Arif Dirgantara, Netizen: Om, Transferin Aku 500 Juta!

Empat tahun berselang, dia juga kedapatan tampil kembali di Piala Dunia 2014. Kiprahnya masih tetap sama sebagai kiper, berkat jasanya yang menjadi tembok terakhir, timnas Jerman tuai kemenangan mutlak. Trofi emas pun diraih mereka.

Berkah yang dimiliki Der Panzer bukan hanya trofi Piala Dunia 2014, sang kiper yakni Manuel Neuer juga mendapatkan piala sarung tangan emas. Kontribusi yang diberikan olehnya di pandang pantas mendapatkan hadiah tersebut. ***

Tags :

Leave a comment