Mengenang Tsunami di Bulan Desember, dari Aceh hingga Banten, Lima Artis Ini Terdampak Langsung

8 Desember 2022 22:00 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Desember menyimpan luka. Ada dua tsunami besar terjadi, di Aceh pada 2004 dan Banten pada 2018. Sedikitnya 5 artis Indonesia terdampak langsung dalam musibah itu.

Sebagai bulan terakhir dalam hitungan kalender, Desember, idealnya menjadi momen yang menarik guna menanti pergantian tahun. Namun, bencana datang dan tidak bisa ditolak.

Bahkan seperti yang pernah disampaikan Kepala BMKG Daryono dua tahun lalu, melalui akun Twitter @DaryonoBMKG, dikutip Kamis (8/12/2022), ada 12 tsunami datang pada Desember. Jika ditotal, sudah ratusan ribu orang kehilangan nyawa.

Dalam 20 tahun ke belakang maka tersebutlah tsunami Aceh dan Banten. Tsunami Aceh terjadi pada 26 Desember 2004 dan tsunami Banten pada 22 Desember 2018.

Baca Juga: Antisipasi Penyebaran Hoaks Gempa, Polres Sukabumi Kerahkan Tim Cyber

Tsunami Aceh diawali gempa yang terjadi pukul 07.59 waktu setempat, berkekuatan 9,1 sampai 9,3 skala richter. Gelombang tsunami mencapai ketinggian 35 meter.

Hanya dalam beberapa jam saja, gelombang tsunami dari gempa itu mencapai daratan Afrika.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ingatkan Masyarakat Soal Gempa yang Sering Terjadi

Tsunami Banten diawali oleh erupsi Gunung Anak Krakatau pada 21 Desember 2018 pukul 13.51 WIB. Keesokan harinya, pada 22 Desember 2018 pukul 07.00 WIB, erupsi dan gelombang tinggi memicu gelombang tsunami hingga ke Lampung.

Berikut lima artis yang mengalami langsung keganasan tsunami, baik di Aceh mapun di Banten yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Cut Meyriska

Cut Meyriska memang tidak hanyut atau terkena langsung gelombang tsunami. Namun, dia merasakan gempa yang sangat hebat. Pada waktu itu, Cut Meyriska sedang berada di Sabang. Kala itu dia masih kelas 6 SD.

Dia sedang mandi dan secara tiba-tiba dia merasakan guncangan hebat yang membuatnya tak sempat lari mengikuti keluarganya. Nyatanya, pada waktu tsunami Aceh, Cut Meyriska terpaksa berpisah dengan orangtuanya selama satu minggu lebih.

2. Teuku Ryan

Suami Ria Ricis ini juga persis dengan Cut Meyriska, tidak mengalami gelombang tsunami. Saat kejadian, Teuku Ryan berada di Kota Langsa, daerah yang cenderung aman. Namun, getaran hebat gempa memaksanya untuk berlarian keluar rumah.

Nyatanya, keluarga Teuku Ryan yang berada di Banda Aceh, berjumlah 30 keluarga hilang akibat dari bencana dahsyat tersebut. Dari 30 orang itu, tak ada satupun mayatnya yang berhasil ditemukan.

3. Ifan Seventeen

Vokalis band Seventeen ini menjadi penyintas di tsunami Banten. Pada waktu itu, band-nya tengah mengisi sebuah acara yang mana panggungnya berada di bibir pantai. Saat manggung, tiba-tiba air menghantam. Ifan selamat, tapi sang istri, Dylan Sahara, pada waktu itu dinyatakan meninggal dunia.

4. Ade Jigo

Persis Sama dengan Ifan Seventeen, komedian Ade Jigo juga merasakan gulungan tsunami Banten. Ade Jigo sempat terseret gelombang hingga masuk ke dalam gorong-gorong. Di momen tersebut, Ade harus mengikhlaskan kepergian istrinya.

5. Cynthia Wijaya

Bintang FTV, Cyntia Wijaya, menjadi orang yang selamat ketika tsunami Banten menerjang. Pada waktu itu, Cynthia duduk bersama istri dari Ifan Seventeen, yakni Dylan Sahara. Sayangnya, yang selamat dari kejadian tersebut hanya Cynthia seorang diri.

Itulah kelima selebritis yang terdampak langsung tsunami Aceh dan tsunami Banten beberapa waktu lalu. Sampai saat ini, setiap tahunnya selalu ada peringatan mengenang korban-korban bencana mahadahsyat itu.

Tags :

Leave a comment