Tinjau Lahan Pertanian, Bupati Kayong Utara Citra Duani Tegaskan Serius Bantu Kebutuhan Petani

27 Desember 2022 21:52 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Bupati Kayong Utara Citra Duani tinjau lahan pertanian tanaman holtikultura di Desa Tanjung Gunung, Sukadana, Selasa (27/12/2022).

Kegiatan itu turut diikuti ketua PKK Kayong Utara, Yayuk Citra Duani dan para Camat. Di kesempatan itu, Bupati Kayong Utara Citra Duani sekaligus ikut memanen cabai yang tengah berbuah.

Setelah melihat berbagai tanaman budidaya petani yang tumbuh subur, Bupati Kayong Utara Citra Duani yakin, potensi pertanian bisa menyejahterakan petani.

Baca Juga: Diskominfo Sanggau Catat 33 Desa Belum Tersentuh Jaringan Internet

Ia berharap potensi tanaman pangan dan hortikultura seperti yang digalakkan petani Desa Tanjung Gunung menjadi percontoahan untuk petani di desa-desa lainnya.

"Lahan pertanian kita sangat strategis. Karena itu potensi ini harus dimanfaatkan maksimal untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di desa," ucap Bupati Citra.

Bupati Citra menegaskan, akan menjaga lahan-lahan subur petani dari ancaman alih fungsi lahan melalui program perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

Baca Juga: Bupati Sambas Satono Lantik 146 Pejabat Fungsional, Minta Bekerja Penuh Tanggung Jawab

"Perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan merupakan upaya yang tidak terpisahkan dalam rangka mengendalikan alih fungsi lahan pangan yang semakin pesat akhir-akhir ini, akibat meningkatnya kebutuhan akan lahan," katanya.

Ia pun mengajak semua pihak bersama-sama satukan persepsi dalam mendukung secara luas kebijakan perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan di Kabupaten Kayong Utara

“Supaya ketahanan dan kedaulatan pangan di Kabupaten Kayong Utara tetetap terjaga," sambungnya.

Baca Juga: Selama 2022, KPK Tetapkan 149 Tersangka Kasus Korupsi

Di sela kegiatan, Bupati Citra juga mendengarkan secara langsung keluhan petani di Desa Tanjung Gunung yang lahan pertaniannya terdampak banjir.

“Ini menjadi perhatian kita untuk membantu petani mengatasi permasalahan banjir,” katanya.

Selanjutnya Bupati Kayong Utara Citra Duani menyerahkan bantuan pengembangan tanaman holtikultura untuk 11 kelompok tani di  Kecamatan Sukadana dan menyerahkan alat pertanian untuk petani di lima Kecamatan.

Yaitu, Kecamatan Sukadana, Kecamatan Simpang Hilir, Kecamatan Teluk Batang, Kecamatan Seponti dan Kecamatan Pulau Maya.***

Tags :

Leave a comment