5 Rekomendasi Wisata Singkawang Cocok untuk Liburan Tahun Baru, Nomor 4 Instagramable

28 Desember 2022 06:00 WIB
Ilustrasi

SINGKAWANG, Insidepontianak.com - Tempat wisata Singkawang memang selalu menjadi andalan masyarakat Kalbar untuk liburan tahun baru.

Tempat wisata di Singkawang menjadi primadona masyarakat Kalbar saat liburan tahun baru karena letaknya yang tidak terlalu jauh dengan harga yang sesuai budget.

Nah, liburan tahun baru 2023 tampaknya sangat dinati. Sebab pandemi sudah melandai. Tak ada lagi pembatasan orang. Termasuk tempat wisata Singkawang. Semuanya sudah dibuka.

Baca Juga: Tinjau Lahan Pertanian, Bupati Kayong Utara Citra Duani Tegaskan Serius Bantu Kebutuhan Petani

Momentum ini, diyakini memantik masyarakat dan wisatawan akan berkunjung memenuhi sudut penjuru kota hingga ke destinasi wisata yang berjuluk seribu kelenteng itu.

Liburan akhir tahun ini pula menjadi moment yang sangat ditunggu oleh sebagian orang untuk melepaskan penat setelah setahun bekerja.

Baca Juga: Diskominfo Sanggau Catat 33 Desa Belum Tersentuh Jaringan Internet

Nah, berikut ini 5 rekomendasi tempat wisata Singkawang yang cocok untuk liburan akhir tahun yang dirangkum Insidepontianak.com dari berbagai sumber:

1. Taman Cinta Pajintan

Membahas keseruan wisata Singkawang seperti tak ada habisnya. Selalu ada yang menarik dan menyenangkan.

Termasuk wisata Singkawang yang satu ini: Wisata Taman Cinta yang berlokasi di Jalan Raya Panjaitan, Singkawang Timur. Wisata ini menjadi salah satu favorit keluarga.

Wisata Taman Cinta dibuka sejak 2017. Ada banyak wahana permainan di tempat ini. Di antarnya, bebek engkol, kolam renang, kolam ombak, dan yang paling digandrungi ana-anak yaitu seluncuran naga water boom.

Bagi anda yang datang di luar kota datang ke tempat Wisata Taman Cinta tak perlu repot cari penginapan. Sebab sudah ada fasilitas hotel dan villanya.

Untuk harga tiket masuk ke Wisata Taman Cinta, ada paket-paketannya. Kalau berkunjung di hari kerja, harga tiket lumayan terjangkau. Hanya di kisaran Rp40 ribu saja.

Sementara jika Anda datang di hari libur atau weekend, tentu saja harga tiket masuknya berbeda. Sedikit mahal dari hari kerja.

2. Wisata Buy Fresh By Farm

Siapa sangka di ujung wilayah Kota Singkawang terdapat objek wisata yang sangat mempesona. Namanya, Wisata Buy Fresh By Farm. Di tempat ini, tak hanya menawarkan berbagai macam kuliner saja.

Tapi Anda juga akan disuguhkan pemandangan alam yang hijau di kaki bukit. Nah, bila Anda ke Singkawang, wajib coba wisata yang satu ini.

Wisata Buy Fresh By Farm menawarkan konsep wisata kuliner dengan pemandangan alam yang sejuk. Sangat cocok untuk keluarga yang ingin piknik di akhir pekan.

Kuliner yang disediakan pun beragam. Mulai makanan khas Singkawang dan makanan khas eropa, serta makanan sehat lainnya.

Harga makanan juga cukup beragam. Paling murah dipatok Rp30 ribu dan paling mahal dipatok Rp190 ribu sudah termasuk PPN.

Jika kalian ingin berwisata di sana, lokasi menuju arah Kabupaten Bengkayang, tepatnya di Desa Bagak Sahwa, Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang, sekitar 45 menit dari Pusat Kota Singkawang.

3. Wisata Pasir Panjang

Pantai emang selalu menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Hal ini wajar saja karena pantai memang selalu menyajikan pemandangan yang memanjakan mata dan bisa melegakan pikiran dengan pemandangan laus yang luas dengan deburan ombak.

Keindahan pantai Singkawang tak hanya berhenti di situ, Anda bisa menunggu sampai matahari tenggelam untuk dapat menikmati keindahan sunset di Pantai Pasir Panjang. Bagi Anda yang senang berfoto, pantai Singkawang merupakan destinasi yang sangat tepa.

Rute untuk sampai ke tempat wisata pun terbilang mudah ditempuh. jika Anda sudah berada di kota Singkawang, maka menemukan pantai ini jauh lebih mudah.

Jarak pantai dari pusat kota Singkawang hanya perlu memakan waktu selama 20 menit dengan jarak sekitar 17 KM. untuk jarak dari Pontianak yang merupakan ibu kota dari provinsi kalimantan barat ini untuk menuju ke Singkawang memakan waktu 5-6 jam.

4. Wisata Lorong Kenangan

Siapa yang tak menginginkan koleksi foto Instagram yang indah dan memuaskan secara visual. Nah, Di Kota Singkawang, ada satu tempat Wisata Lorong Kenangan namanya.

Wisata Lorong Kenangan ini menyediakan beground-beground yang indah. Sangat instagrambel. Cocok bagi Anda yang suka berswafoto untuk diabadikan di media sosial Instagram maupun medsos lainnya.

Wisata Lorong Kenangan berada di dua sisi gedung-gedung tua. Dinding-dinding gedung tua ini lah yang digambar secantik munkin dengan ornamen-ornamen kekinian.

Wisata Lorong Kenangan ini berada di sebuah lorong atau gang yang menghubungkan Jalan Sejahtera dengan Jalan P Diponegoro.

Lukisan yang mendominasi di dinding lorong bangunan tua ini adalah wajah Singkawang tempo dulu. Juga ada mural Bioskop Metropole, Mess Daerah, Rumah Keluarga Tjhia, jajanan kuliner Singkawang dan lukisan bunga-bunga lainnya.

Hal yang menarik ditampilkan pada wisata itu adalah spot foto dengan lukisan Singkawang masa dahulu yang bangunannya masih ada hingga sekarang.

Ketika malam hari, Wisata Lorong Kenangan semakin gemerlap dengan lampu-lampu aneka warna. Nah, bagi anda yang berlibur ke Singkawang boleh coba datang ke Wisata Lorong Kenangan.

5. Pantai Kahyangan Resort

Pantai Kahyangan Singkawang resort merupakan salah satu tempat wisata yang beradad di perbatasan Kabupaten Bengkayang.

Resort tersebut tepatnya berada di Jalan Pantai Samudra Indah KM 124, Dusun Tanjung Gundul, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan.

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Kahyangan Singkawang ini yaitu menikmati suasana, pemandangan pantai, bermain ombak, berselancar hingga bermain pasir.

Selain itu, di Pantai Kahyangan juga terdapat resort bintang 4 yang memiliki kamar penginapan dengan jumlah yang cukup banyak.

Tempat ini juga memiliki restoran italian dengan menu makanan yang cukup banyak.

Gimana, menarik bukan? Jadi, wisata Singkawang yang mana nih yang bakalan kalian coba untuk liburan tahun baru nanti?***

Tags :

Leave a comment