Usai Perayaan Malam Tahun Baru, Dinas LH Jakpus Kumpulkan 20 Ton Sampah

1 Januari 2023 18:19 WIB
Ilustrasi

 

PONTIANAK, insidepontianak.com - Perayaan malam pergantian tahun di Jakarta berlangsung meriah. Namun, efek dari berkumpulnya massa menimbulkan tumpukan sampah di lokasi acara.

Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Pusat menyebut tumpukan sampah di lokasi acara malam pergantian tahun baru 2023 mencapai 20 ton.

"Penanganan sampah pada perayaan tahun baru di wilayah Jakarta Pusat mencapai 20 ton volume sampah," jelas Plt Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Pusat, Edy Mulyanto dalam keterangannya, Minggu (1/1/2023).

Dalam pembersihan sampah, kata Edy, pihaknya juga menerjunkan mobil penyapu jalan. "Sebanyak 10 unit mobil sweeper juga dikerahkan ke titik keramaian massa untuk membersihkan jalan," ujarnya.

Setelah dibersihkan, lanjut Edy, pihaknya mengerahkan 475 personel untuk mengangkut sampah-sampah tersebut dengan menggunakan lima unit truk milik Sudin Kebersihan.

Baca Juga: Kapolri Sebut Selama 2022 Kelompok Teroris MIT Poso Berhasil Diberantas

"Truk yang dikerahkan untuk pengangkutan sampah sebanyak lima unit. Jumlah personel yang dikerahkan 475 orang untuk membersihkan sampah pasca tahun baru," ujarnya.

Dari 20 ton sampah yang dikumpulkan, kemudian sampah menjalani proses pemilahan di bank sampah sebelum dilakukan pembuatan di tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) Bantar Gebang.

"Sebanyak delapan ton sampah dikelola bank sampah, sedangkan 12 ton dibuang ke tempat pemrosesan akhir (TPA) di TPST Bantar Gebang," pungkasnya.

Baca Juga: Sambut Tahun Politik Pemilu 2024,Polda Metro Siapkan Cooling System

 

Tags :

Leave a comment