Pemkot Singkawang Serahkan Bantuan Barang ke Pedagang Pasar Beringin dan UMKM

1 Januari 2023 18:49 WIB
Ilustrasi

SINGKAWANG, insidepontianak.com– Sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kota Singkawang kepada Masyarakat, Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM menyerahkan bantuan barang kepada pedagang Pasar Beringin, Alianyang dan UMKM. Bantuan diserahkan langsung oleh Pj Wali Kota Singkawang Sumastro kepada Pedagang Pasar Beringin, Jumat (30/12/2022).

“Saya sangat bahagia dan berbangga hati dengan sambutan para pedagang di pasar beringin. Memang bantuan yang kami berikan ini, belumlah dapat dikatakan memuaskan bagi para pedagang. Akan tetapi,  paling tidak ini merupakan sebuah itikad baik kami dan sekaligus sebagai wujud perhatian Pemkot Singkawang kepada masyarakat khususnya Pedagang yang ada di pasar beringin,” kata Sumastro.

Sumastro mengapresiasi segala bentuk usaha dan perjuangan yang telah dilakukan oleh para Pedagang, yang mampu bertahan di tengah krisis yang melanda dunia global saat ini, seperti inflasi, krisis ekonomi, pandemi covid -19 dsb.

Ia berharap kedepan, melalui kontribusi para pedagang sebagai motor penggerak ekonomi, Kota Singkawang dapat menjadi Kota Perdagangan dan jasa, sehingga dapat memberikan nilai tambah demi mewujudkan pembangunan.

Baca Juga: Resmi Dilantik, Purwanto Jabat Ketua Hmi Kota Singkawang

“Saya benar – benar kagum dan mengapresiasi jerih payah dan perjuangan para pedagang di Pasar Beringin, karena telah mampu bertahan menghadapi berbagai tantangan global, seperti krisis ekonomi, inflasi, pandemi Covid-19. Dan saya berharap, melalui kontribusi para pedagang inilah, yang nantinya akan mengkokohkan Kota Singkawang sebagai Kota Perdagangan dan Jasa. Agar menghasilkan nilai tambah untuk mewujudkan pembangunan di Kota Singkawang” ujarnya.

Ia juga menyampaikan kepada para pedagang mengenai rencana program pengembangan pasar beringin yang pada waktu yang lalu belum mencapai kesepakatan antara pihak pemerintah dan pedagang. Ia menginginkan agar dilakukan kembali suatu musyawarah untuk mencari solusi terbaik demi mewujudkan Pasar Beringin yang lebih nyaman, bersih, sehat, dan asri.

“Saya ingin sedikit menyinggung cerita pengembangan Pasar Beringin, yang pada waktu yang lalu belum mencapai kesepakatan antara pihak Pemerintah dan Pedagang. Insya Allah kedepannya kita akan kembali duduk bersama bermusyawarah, guna mencari solusi terbaik untuk kita bersama dalam membangun dan mengembangkan Pasar Beringin ini. Semua itu demi mewujudkan pasar yang nyaman, bersih, sehat dan asri,” ujarnya.

Sumastro menjadikan moment tersebut sebagai bagian dari perkenalannya dengan para pedagang semenjak dilantik sebagai Pj. Wali Kota Singkawang. Dan tak lupa, Ia menyampaikan salam hormat dari mantan Wali Kota Singkawang periode 2017-2022, Tjhai Chui Mie, yang telah banyak mendedikasikan tenaga dan pikirannya untuk mewujudkan pengembangan Pasar Beringin.

“Bapak ibu sekalian, izinkan saya untuk menyampaikan salam hormat dari mantan Wali Kota Singkawang, Ibu Tjhai Chui Mie, yang telah begitu banyak mendedikasikan tenaga dan pikirannya untuk pembangunan di Kota Singkawang, khususnya Pasar Beringin ini. Dan saya juga berkomitmen untuk melanjutkan program tersebut dengan tetap mengedepankan asas musyawarah untuk mufakat, supaya hal – hal yang tidak kita inginkan terkait pengembangan pasar ini, tidak terjadi di kemudian hari,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Disdaginkop dan UMKM, Muslimin, menyampaikan jenis – jenis barang yang akan diserahkan kepada para Pedagang di Pasar Beringin berupa timbangan sebanyak 400 unit dengan ukuran 5 Kg dan 10 Kg, Cool Box 125 unit, 2 unit motor roda tiga, 2 unit mesin pompa air, 5 gerobak khusus PKL di Pasar Hongkong danbantuan peralatan UMKM.

“Semua bantuan tersebut bersumber dari dana APBD anggaran 2022,” ujarnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Singkawang Cocok untuk Liburan Tahun Baru, Nomor 4 Instagramable

 

Tags :

Leave a comment