Hemat Energi, Unisma Manfaatkan Panel Surya

6 Januari 2023 13:13 WIB
Ilustrasi

MALANG, insidepontianak.com - Universitas Islam Malang atau Unisma terus memacu kerja sama dengan perusahaan di Indonesia.

Salah satunya bekerja sama dengan PT Solaris Nirmala Energy-ATW Solar untuk membangun panel surya. Sinergi itu resmi dimulai beberapa waktu lalu.

Perusahaan ini bergerak di bidang pemanenan energi surya. Nantinya ada beberapa titik di Unisma yang bakal dijadikan sebagai uji coba pemasangan panel surya.

Baca Juga: Sekda Ketapang Alexander Wilyo Ajak Semua Pihak Jaga Kondusifitas Jelang Tahun Politik

Wakil Rektor 4 Unisma Dr Ir Hj Istirochah Pujiwati MP mengatakan, satu hingga dua minggu mendatang akan dilakukan survei lokasi terlebih dulu untuk pemasangan panel surya di Unisma.

Wakil Rektor 4 Unisma ini mengungkapkan nantinya 30 persen pemanfaatan energi tidak bergantung pada PLN, namun energi dapat diperoleh dari panel surya.

"Bagaimana kami uji sertifikasinya untuk dijadikan sebagai training solar energi. Mahasiswa turut terlibat nantinya. Nantinya mahasiswa juga dapat direkrut di perusahaan tersebut," terang Dr Ir Hj Istirochah Pujiwati MP.

Baca Juga: Kasus Dugaan Korupsi BP2TD Mempawah Berproses, Ria Norsan Ikut Diperiksa Berkali-kali

Sejalan dengan itu, Rektor Unisma Prof Maskuri menuturkan, kerja sama ini bagian dari ikhtiar Unisma menuju Enterpreneur University.

Sehingga jalinan kerja sama dengan PT Solaris Nirmala Energy -ATW Solar ini diharapkan dapat menambah skill mahasiswa hingga dosen di Unisma.

Baca Juga: Lapas Pontianak Janji Bakal Bersih-bersih Pascapengungkapan 1.568 Ekstasi oleh Polda Kalbar

"Agar para mahasiswa ikut terlibat dalam pendidikan dan pelatihan khususnya pemanfaatan panel surya di bidang yang selinier seperti di Fakultas Teknik, Fakultas Mipa, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Peternakan," kata Prof Maskuri.

"Contoh konkret pemanfaatan panel surya salah satunya pengadaan charging station untuk motor listrik di Malang Raya," tutupnya.***

Tags :

Leave a comment