Program Sinar Mas Agribusiness and Food Bantu Warga Wujudkan Rumah Layak Huni

6 Januari 2023 16:25 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Sinar Mas Agribusiness and Food bersama Tzu Chi Cabang Sinar Mas membantu warga mewujudkan rumah layak huni melalui program Bedah Rumah.

Program Bedah Rumah itu berlangsung di 5 provinsi. Di antarnya Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Riau.

Sejak berlangsung pada 2017, kegiatan yang digerakkan oleh para relawan ini telah memberi manfaat bagi 34 kepala keluarga.

Program Bedah Rumah Sinar Mas Agribusiness and Food bertujuan mendukung pemenuhan salah satu kebutuhan pokok, yaitu tempat tinggal.

Baca Juga: Film M3GAN Tayang Perdana Hari Ini, Rekomendasi Horror Fiksi Awal Tahun: Cek Sinopsis Hingga Link Trailernya d

Bantuan ini disediakan bagi warga yang kurang mampu secara ekonomi dan memiliki rumah yang tidak layak huni.

Pemilihan penerima bantuan dilakukan relawan melalui survei lapangan yang melibatkan pemerintah setempat.

Warga yang terpilih akan menerima bantuan berupa renovasi rumah, dan penyediaan beberapa perabotan dasar rumah tangga.

Salah satu kepala keluarga yang mendapatkan bantuan program Bedah Rumah di tahun 2022 adalah Wisbardi, warga Suku Sakai di Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Baca Juga: Spesifikasi HP VIVO T1 5G: Harga Murah, RAM dan Memori Luas yang Ditawarkan

Pria yang berprofesi sebagai pemangkas rambut itu, tinggal bersama istri dan tiga anaknya di rumah berukuran 4x5 meter persegi yang sangat sederhana.

Bagian atap rumahnya sering kali bocor ketika hujan tiba. Beberapa sisi dinding rumah Wisbardi juga tampak usang dan lapuk termakan usia.

Setelah mendapat rekomendasi dari warga dan pemerintah setempat, Sinar Mas Agribusiness and Food melalui PT Ivo Mas Tunggal bersama relawan Tzu Chi Sinar Mas pun merenovasi rumah Wisbardi.

Bangunan diperluas menjadi 5x6 meter persegi. Juga dilengkapi instalasi mesin air dan listrik.

Baca Juga: LINK STREAMING NONTON Puisi Cinta Yang Membunuh: Ada Mawar de Jongh hingga Morgan Oey

Sinar Mas juga memberi lemari pakaian dan tempat tidur yang layak untuk keluarga Wisbardi.

Menurut Regional Controller Perkebunan Sinar Mas Agribusiness and Food Area Siak, Waloya, dukungan ini diharapkan mampu membuat kehidupan Wisbardi dan keluarga menjadi lebih baik.

“Program bedah rumah ini menyediakan tempat tinggal yang lebih layak," katanya.

Ia berharap, bantuan bedah rumah Sinar Mas dapat membangun rumah tangga Wisbardi lebih baik, harmonis, serta kian semangat dalam bekerja.

Baca Juga: Dewan Kalbar Heri Mustamin Harap Pengerjaan Duplikasi Jembatan Kapuas I Selesai Tepat Waktu

"Sehingga mampu memberikan pendidikan kepada anak-anaknya dengan lebih baik," harap Walouo.

Menurutnya, program Bedah Rumah ini, juga merupakan bukti komitmen dan sinergi antara perusahaan dengan pemerintah setempat dalam mengentaskan kemiskinan.

“Kita sama-sama mendukung upaya pengentasan kemiskinan dengan menyediakan hunian yang layak bagi masyarakat yang membutuhkan, dalam hal ini khususnya masyarakat asli Suku Sakai,” ungkapnya.

Susanti sebagai istri Wisbardi mengaku bersyukur dengan adanya bantuan dari Sinar Mas Agribusiness and Food dan relawan Tzu Chi Sinar Mas.

Baca Juga: Hemat Energi, Unisma Manfaatkan Panel Surya

“Kami akan merawat dan menempati rumah ini sebaik mungkin. Terima kasih atas bantuannya, semoga perusahaan dan yayasan semakin maju untuk ke depannya,” ujar Susanti.

Tokoh masyarakat Suku Sakai, Rajab, mengapresiasi perusahaan Sinar Mas dan pemerintah setempat karena telah memperhatikan warga yang membutuhkan.

Bagi Rajab program Bedah Rumah ini sangat bermanfaat untuk warga yang selama ini tidak bisa membangun atau merenovasi rumah.

"Kami berharap kerja sama yang baik ini dapat terus terjaga secara berkelanjutan demi membantu kesejahteraan masyarakat,” harapnya.***

Tags :

Leave a comment