Cuaca Ekstrem, Bupati Citra Duani Ingatkan Pengusaha Transportasi Air Patuhi SOP Keselamatan

10 Januari 2023 14:50 WIB
Ilustrasi

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Bupati Kayong Utara, Citra Duani mengingatkan seluruh pengusaha transportasi air untuk tidak melanggar Standar Operasional Prosedur atau SOP keamanan pelayaran.

Pasalnya, caca saat ini tak menentu. Badai disertai hujan kerap menghantam. Maka, SOP keselamatan saat berlayar penting dipatuhi untuk memberikan rasa aman dan keselamatan baik bagi awak kapal atau speed boat maupun penumpang.

Bupati Citra Duani menyampaikan, Dinas Perhubungan Kayong Utara telah mengeluarkan surat peringatan kepada seluruh pengusaha transportasi air agar mematuhi SOP keselamatan dalam berlayar.

Baca Juga: Jelang Hari Raya Imlek dan Cap Go Meh, BBN Singkawang Waspadai Peredaran Narkoba

Adapun surat tersebut bernomor: 550/ 461 /PERHUB/2022, tentang Keselamatan Navigasi Speed Boat/Perahu Panjang.

Dasar surat imbauan itu mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Pelayaran.

Adapun yang di maksud dengan keselamatan dan keamanan pelayaran adalah suatu keadaan terpenuhnya persyaratan keselamatan dan keamanan yang menyangkut angkutan di perairan, kepelabuhan dan lingkungan maritim.

Baca Juga: Mengawati Belum Umumkan Ganjar atau Puan Jadi Capres PDIP

"Guna menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran, maka diminta pelaku usaha angkutan air tidak menaikan penumpang pada bagian atas speed boat atau pada tempat yang bukan diperuntukan bagi penumpang, tanpa terkecuali. Tidak menaikan penumpang melebihi kapasitas atau daya angkut speed boat yang seharusnya," pesan Citra Duani, Selasa(10/1/2023).

Selain itu, di dalam edaran tersebut kata Citra Duani, juga diatur langkah yang dapat diambil seorang driver angkutan bila diperjalanan menemukan kondisi cuaca memburuk.

Adapun SOP jika kondisi itu terjadi maka, draver speed boat tidak harus memaksakan diri harus sampai ke lokasi tujuan supaya tidak membahayakan penumpang.

Baca Juga: Dishub Kayong Utara Ingatkan Pengusaha Speed Boat Patuhi Standar Keselamatan Saat Beroperasi

"Maka sebaiknya menurunkan penumpang pada Dermaga atau Pelabuhan terdekat," tegasnya.

Demi menjamin keselamatan dan keamanan penumpang, Bupati Citra Duani juga mengingatkan kepada seluruh armada speed boat, wajib melengkap safety equipment, baik itu berupa life jacket, kotak P3K, alat pemadam api ringan (APAR), serta kelengkapan-kelengkapan lainya.

Perketat Pengawasan

Sementara, warga Sukadana Dini juga meminta, pengusaha speed boat benar-benar mematuhi SOP berlayar. Harus selalu berprinsip keselamatan penumpang paling utama.

Dini sendiri baru-baru ini berpengalaman dibuat syok lantaran speed boat yang ditumpanginya dari Pontianak ke Kayong Utara dihantam badai.   

Menurut ibu dua anak itu, driver speed boat tersebut ceroboh, karena tak memperhitungkan kondisi cuaca saat berangkat.

Baca Juga: Raih 314 Penghargaan Sepanjang 2022, PLN Sukses Jalankan Transformasi

Akibatnya, speed boat yang ditumpangi terombang ambing. Kata Dini, seluruh penumpang sat itu ketakutan. Untung saja, nasib masih mujur. Speed boat berhasil melewati badai yang sangat menakutkan.

"Ini pengalaman saya baru-baru ini. Di tengah perjalanan di laut, kita dihantam badai, air masuk ke dalam. Mesin juga mengalami kerusakan, sehingga membahayakan penumpang," tutur Dini.

Karena itu ia berharap, kejadian seperti yang dialaminya tak terjadi lagi. Pengusaha speed boat harus mengutamakan keselamatan penumpant. Jangan melulu memikirkan untung besar.

Baca Juga: Bupati Sambas Satono Resmikan Pembangunan Kawasan Pedestarian dan Drainase di Kota Sambas

"Kalau sudah penuh jangan memaksa mengangkut penumpang lagi, pikirkan keselamatan penumpang, jangan hanya cari keuntungan,” pesannya.

Menurut Dini, persoalan ini pun sejatinya sering dikeluhkan para penumpang angkutan air, tidak hanya speed boat.

Karena itu, peran instansi berwenang sangat diperlukan untuk mengawasi pengusaha - pengusaha angkutan yang nakal.***

Tags :

Leave a comment