• Minggu, 25 September 2022

Ranil Wickremesinghe Terpilih sebagai Presiden Sri Lanka

- Rabu, 20 Juli 2022 | 22:35 WIB
Ranil Wickremesinghe terpilih sebagai presiden baru Sri Lanka dalam pemilihan parlemen di Kolombo, Sri Lanka, Rabu (20/7/2022). (ANTARA/HO-ANAD-OANA)
Ranil Wickremesinghe terpilih sebagai presiden baru Sri Lanka dalam pemilihan parlemen di Kolombo, Sri Lanka, Rabu (20/7/2022). (ANTARA/HO-ANAD-OANA)


KOLOMBO, insidepontianak.com - Pejabat pelaksana tugas Presiden Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe, telah terpilih sebagai presiden baru negara itu pada Rabu, ditengah krisis keuangan terparah yang pernah terjadi.

Sekretaris Jenderal Parlemen Sri Lanka mengumumkan Ranil Wickremesinghe, mendapat 134 suara dari 225 anggota parlemen, terpilih sebagai Presiden Sri Lanka selanjutnya.

Parlemen telah melakukan pemungutan suara untuk memilih presiden baru pada Rabu pagi.

Baca Juga: Kebakaran Hutan Terus Berkobar di Maroko, Ribuan Hektare Terbakar

Sebanyak 219 suara dinyatakan sah. Selain itu ada empat surat suara tidak sah, dan dua anggota legislatif abstain pada pemungutan suara tersebut.

Terdapat tiga kandidat yang berkompetisi untuk menjabat sebagai presiden.

Ranil Wickremesinghe berhadapan dengan Dullas Alahapperuma yang didukung oposisi, dan Anura Kumara Dissanayake saat pengumpulan suara rahasia.

Alahapperuma, meraih 82 suara, adalah mantan menteri pendidikan dan mantan anggota Partai Podujana Peramuna Sri Lanka yang dikontrol oleh mantan presiden Gotabaya Rajapaksa.

Baca Juga: Lembaga Pemerintah Bergerak: Bawaslu Sebut Dugaan Pelanggaran Kampanye Zulkifli Hasan Tak Bisa Ditindaklanjuti

Selain itu kandidat ketiga, Anura Kumara Dissanayake dari Partai National People's Power, hanya memiliki tiga anggota di parlemen. Dia memenangkan total tiga suara.

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X