• Minggu, 25 September 2022

Kebakaran Hutan di Eropa Barat Daya Berkobar, Udara Semakin Panas

- Selasa, 19 Juli 2022 | 06:07 WIB
Asap hitam dari kebakaran hutan terlihat di Gironde, seperti yang terlihat dari Dune de Pilat, Arcachon Bay, Prancis, 12 Juli 2022, dalam gambar diam yang diperoleh dari video di media sosial. (ANTARA/Quentin/via Reuters/as)
Asap hitam dari kebakaran hutan terlihat di Gironde, seperti yang terlihat dari Dune de Pilat, Arcachon Bay, Prancis, 12 Juli 2022, dalam gambar diam yang diperoleh dari video di media sosial. (ANTARA/Quentin/via Reuters/as)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Petugas pemadam kebakaran berjuang menahan kebakaran hutan yang melanda Eropa barat daya pada hari Minggu, ketika gelombang panas tidak menunjukkan tanda-tanda mereda, dengan Inggris siap untuk membuat rekor suhu baru minggu mendatang.

Api yang berkobar di Prancis, Yunani, Portugal dan Spanyol telah menghancurkan ribuan hektar lahan dan memaksa ribuan penduduk dan wisatawan mengungsi.

Ini adalah gelombang panas kedua yang melanda bagian barat daya Eropa dalam beberapa minggu. Para ilmuwan menyalahkan perubahan iklim dunia dan memprediksi episode cuaca ekstrem yang lebih sering dan intens seperti gelombang panas dan kekeringan.

Baca Juga: 2.000 Wisatawan di Pulau Weizhou China Telantar karena COVID 19
Pihak berwenang Spanyol melaporkan sekitar 20 kebakaran hutan masih berkobar di luar kendali di berbagai bagian negara itu dari selatan hingga Galicia di ujung barat laut, di mana kobaran api telah menghancurkan sekitar 4.500 hektar lahan.

Kebakaran telah menewaskan beberapa personel darurat sejak pekan lalu, yang terbaru adalah seorang petugas pemadam kebakaran yang meninggal pada Minggu malam saat memadamkan api di barat laut Spanyol.

Di Prancis, situasi memburuk di wilayah barat daya Gironde di mana petugas pemadam kebakaran berjuang untuk mengendalikan kebakaran hutan yang telah melahap hampir 11.000 hektar (27.000 hektar) sejak Selasa.


Apocalypse Panas
Kebakaran hutan di Prancis memaksa lebih dari 16.000 orang, penduduk dan turis digabungkan untuk mengungsi. Tujuh tempat penampungan darurat telah disiapkan untuk para pengungsi.

Kementerian Dalam Negeri Prancis mengumumkan akan mengirim tambahan tiga pesawat pemadam kebakaran, 200 petugas pemadam kebakaran dan lebih banyak truk.

Meteo France memperkirakan suhu hingga 40 derajat Celcius (104 derajat Fahrenheit) di beberapa bagian selatan Prancis pada Minggu, dengan rekor panas baru diperkirakan pada Senin.

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Sumber: sciencealert.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X