• Minggu, 25 September 2022

UAE Tahan Pengacara AS Pembela Khasoggi dengan Tuduhan Cuci Uang

- Minggu, 17 Juli 2022 | 21:29 WIB
Arsip - Para anggota Amnesty International Turki berunjuk rasa di depan Konsulat Arab Saudi di Turki pada 10 Januari 2019 untuk menandai hari ke-100 pembunuhan wartawan Saudi Jamal Khashoggi. (REUTERS/Murad Sezer)
Arsip - Para anggota Amnesty International Turki berunjuk rasa di depan Konsulat Arab Saudi di Turki pada 10 Januari 2019 untuk menandai hari ke-100 pembunuhan wartawan Saudi Jamal Khashoggi. (REUTERS/Murad Sezer)

LONDON, insidepontianak.com - Pihak berwenang Uni Emirat Arab menahan Asim Ghafoor, warga negara AS dan pengacara hak-hak sipil yang sebelumnya menjadi pengacara jurnalis yang terbunuh Jamal Khashoggi, kata kelompok hak asasi Demokrasi untuk Dunia Arab Sekarang (DAWN) yang berbasis di AS.

Asim Ghafoor adalah salah satu anggota dewan DAWN.

Seorang pejabat Pemerintah UAE mengonfirmasi Asim Ghafoor ditangkap saat transit melalui Bandara Internasional Dubai pada 14 Juli, atas tuduhan terkait dengan hukuman in absentia untuk pencucian uang berdasarkan bukti yang diperoleh pengadilan UAE.

Baca Juga: Kaspersky Ungkap Modus Baru Penipuan Bitcoin, Pelaku Buat Situs Palsu NVIDIA

Seorang pejabat senior Pemerintah AS mengatakan kepada wartawan sebelumnya, pada Sabtu bahwa Amerika Serikat sudah mengetahuinya, tetapi tidak dapat memastikan apakah Presiden Joe Biden akan mengangkat masalah ini dalam pembicaraan bilateral dengan presiden UAE di sela-sela pertemuan puncak Arab di Arab Saudi.

"Tidak ada indikasi bahwa penangkapan itu ada hubungannya dengan masalah Khashoggi," tambah pejabat itu.

Jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi dibunuh oleh agen-agen Saudi pada 2018 di konsulat kerajaan di Istanbul dalam sebuah operasi yang menurut intelijen AS disetujui oleh Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman. Tapi Pangeran Salman membantah terlibat.

Baca Juga: Presiden Joe Biden Bantah Laporan Arab Saudi Terkait Pembicaraan Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi

Demokrasi untuk Dunia Arab Sekarang (DAWN) mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Jumat bahwa Ghafoor, seorang pengacara hak-hak sipil yang berbasis di Virginia, sedang dalam perjalanan ke Istanbul untuk menghadiri pernikahan keluarga.

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X