• Selasa, 28 Juni 2022

India akan Bantu Pemulihan Ekonomi Sri Lanka

- Jumat, 24 Juni 2022 | 14:07 WIB
Warga mengantre untuk membeli gas rumah tangga pada sebuah distributor di Kolombo, Sri Lanka, pada Rabu (1/6/2022). (ANTARA FOTO/REUTERS/Dinuka Liyanawatte/wsj/NBL)
Warga mengantre untuk membeli gas rumah tangga pada sebuah distributor di Kolombo, Sri Lanka, pada Rabu (1/6/2022). (ANTARA FOTO/REUTERS/Dinuka Liyanawatte/wsj/NBL)

KOLOMBO, insidepontianak.com - Seorang diplomat tinggi India melakukan diskusi dengan presiden dan perdana menteri Sri Lanka dan pada Kamis, saat India memberikan sinyal akan keinginannya untuk melebihi pinjaman, pertukaran dan bantuan sebesar 4 miliar dolar yang telah diberikan kepada negara tetangganya itu.

Sri Lanka tengah menghadapi krisis ekonomi terburuk dalam tujuh dekade terakhir, dengan kekurangan devisa yang parah dan menghambat impor komoditas-komoditas penting, termasuk makanan, bensin, dan obat-obatan.

Negara kepulauan di ujung selatan India itu membutuhkan sekitar 5 miliar dolar dalam enam bulan ke depan untuk memenuhi kebutuhan dasar bagi 22 juta penduduknya, yang telah berjuang dengan antrian panjang untuk barang-barang pokok, kekurangan yang memburuk dan pemadaman listrik.

Baca Juga: Sekda Alexander Bangga Desa Payak Kumang Wakili Ketapang Ikuti Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalbar 2022

Menteri Luar Negeri India Vinay Kwatra, didampingi oleh pejabat India lainnya, mengadakan pembicaraan dengan Presiden Gotabaya Rajapaksa dan Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe untuk memberikan bantuan keuangan lebih lanjut ke negara itu, kata kantor presiden dalam sebuah pernyataan.

"Menteri Luar Negeri India Vinay Kwatra telah mengatakan bahwa Pemerintah India akan memberikan dukungan penuh kepada Sri Lanka dalam mengatasi situasi sulit saat ini sebagai teman dekat," demikian pernyataan tersebut.

"Delegasi India menyatakan bahwa Pemerintah India dan otoritas politik berkomitmen untuk memberikan dukungan berkelanjutan kepada Sri Lanka," tambahnya.

Tim India mengadakan pertemuan terpisah dengan Wickremesinghe, gubernur bank sentral dan pejabat kementerian keuangan, kata seorang pejabat dari kantor perdana menteri.

Baca Juga: Kejuaraan Dunia Renang, Perenang Australia Mollie Ocallaghan Sabet Emas Gaya Bebas Putri

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rudal Rusia Hantam Mal di Ukraina, 13 Warga Tewas

Selasa, 28 Juni 2022 | 13:09 WIB

Enam Polisi Tewas Baku Tembak di Meksiko Utara

Senin, 27 Juni 2022 | 11:03 WIB

Sri Lanka Berjuang Pasokan Bahan Bakar Tersedia

Minggu, 26 Juni 2022 | 20:55 WIB

India akan Bantu Pemulihan Ekonomi Sri Lanka

Jumat, 24 Juni 2022 | 14:07 WIB
X