• Senin, 8 Agustus 2022

Belanda Ungkap Mata-mata Rusia yang Magang di Mahkamah Pidana Internasional

- Jumat, 17 Juni 2022 | 12:33 WIB
Gedung Mahkamah Pidana Internasional (ICC) di Den Haag, Belanda, 31 Maret 2021. (Insidepontianak.com/Antara/Reuters/Piroschka van de Wouw/as)
Gedung Mahkamah Pidana Internasional (ICC) di Den Haag, Belanda, 31 Maret 2021. (Insidepontianak.com/Antara/Reuters/Piroschka van de Wouw/as)

AMSTERDAM, insidepontianak.com - Belanda mengungkap seorang agen militer Rusia yang diduga mata-mata dengan menyamar bekerja sebagai tenaga magang di Mahkamah Pidana Internasional (ICC) dengan menggunakan identitas palsu.

Mahkamah itu sedang menyelidiki tuduhan kejahatan perang di Ukraina. Sang agen, Sergey Vladimirovich Cherkasov, masuk ke Belanda sebagai warga negara Brazil untuk menjalani magang di markas ICC di Den Haag pada April, menurut dinas intelijen Belanda.

"Ini adalah operasi GRU jangka panjang multi tahun yang menghabiskan banyak waktu, energi dan uang," kata Erik Akerboom, kepala dinas itu dikutip dari Antara, Kamis (17/6/2022).

GRU atau Glavnoye Razvedyvatelnoye Upravlenie adalah dinas intelijen militer Rusia. Belum ada perwakilan GRU yang bisa dihubungi untuk dimintai komentarnya, tetapi pemerintah Rusia telah berkali-kali menolak tuduhan melakukan mata-mata.

Rusia menyebut tuduhan itu sebagai kampanye kotor Barat melawan Moskow.

Baca Juga: Pengamat: Perombakan Kabinet Hanya Membagi Kekuasaan, Tidak Mengatasi Masalah Bangsa

Dinas Intelijen dan Keamanan Umum Belanda (AIVD) mengatakan dalam pernyataan bahwa orang tersebut, yang memakai nama alias Viktor Muller Ferreira, ditangkap di sebuah bandara Belanda.

Dia dinyatakan sebagai warga asing yang tidak disukai (persona non grata) dan diterbangkan kembali ke Brazil, kata AIVD.

Kepolisian federal Brazil mengatakan Cherkasov telah ditahan dan akan diadili dengan tuduhan pemalsuan dokumen.

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penjara Ekuador Rusuh, 13 Narapidana Tewas

Selasa, 19 Juli 2022 | 16:40 WIB
X