• Sabtu, 21 Mei 2022

Jokowi Angkat Gelas ke Biden di Gedung Putih Bahas Perang Ukraina dan Kemitraan ASEAN-AS

- Jumat, 13 Mei 2022 | 13:02 WIB
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Gedung Putih untuk jamuan makan malam. (sl/Ist/setpres)
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Gedung Putih untuk jamuan makan malam. (sl/Ist/setpres)

AMERIKA SERIKAT, insidepontianak.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi angkat gelas tanda atau toast dari Presiden Amerika Serikan, Joe Biden pada acara jamuan makan malam bersama para pemimpin ASEAN dan AS di Blue Room, Gedung Putih, Kamis (12/05)2022) waktu setempat.

Dalam statement pengantar toast dengan cara angkat gelas, Jokowi menyebutkan bahwa KTT Khusus ASEAN-AS merupakan momentum tepat untuk memperkuat kemitraan ASEAN-AS ke depan.

Usai toast dengan cara angkat gelas kepada Joe Biden dan pimpinan ASEAN, masih dalam jamuan makan malam, Jokowi menyinggung soal situasi di Ukraina dalam acara santap malam itu.

Jokowi mengajak AS berupaya menciptakan perdamaian, stabilitas, dan kerja sama inklusif yang saling menguntungkan di wilayah Indo-Pasifik.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tegaskan Stabilitas dan Kemakmuran Kawasan Penting, Saat Ketemu Kongres AS

Menurutnya, kemitraan ini sangat penting di tengah situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian saat ini. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mengangkat gelas bagi kemitraan ASEAN-AS yang terus berkontribusi bagi penguatan nilai multilateralisme, perdamaian dan stabilitas kawasan, motor penggerak kesejahteraan Kawasan.

Pasalnya, sejak 2019, ASEAN telah menyepakati ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, memastikan keberlangsungan perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik.

“Saya mengajak AS untuk terus menjadi bagian dari jangkar perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik,” kata Jokowi, dikutip insidepontianak dari keterangan pers. 

Baca Juga: Presiden Jokowi singgung soal perang Ukraina di depan Kongres AS

Editor: Agus Wahyuni

Sumber: ksp.go.id

Tags

Terkini

X