• Minggu, 25 September 2022

Kanwil Kemenkumham Sumsel Usulkan Remisi 11.275 Warga Binaan

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 20:15 WIB
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan mengusulkan remisi atau pengurangan masa menjalani pidana kepada 11.275 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) dan 78 orang anak didik pemasyarakatan.    (Antara/Kemenkumham Sumsel)
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan mengusulkan remisi atau pengurangan masa menjalani pidana kepada 11.275 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) dan 78 orang anak didik pemasyarakatan. (Antara/Kemenkumham Sumsel)

PALEMBANG, insidepontianak.com - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan (Kanwil Kemenkumham Sumsel) mengusulkan remisi atau pengurangan masa menjalani pidana kepada 11.275 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) dan 78 orang anak didik pemasyarakatan.

Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel Bambang Haryanto mengatakan pemberian remisi ini dalam rangka memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022.

Usulan remisi tersebut telah dikirim ke Ditjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM melalui aplikasi sistem database pemasyarakatan.

Ia menjelaskan sebanyak 11.018 orang diusulkan mendapat Remisi Umum I, yakni mereka mendapat remisi masih harus menjalani sisa pidananya.

Baca Juga: KKB Serang Tiga Lokasi dan Bakar Mes Perhubungan di Intan Jaya

Kemudian, sebanyak 257 orang WBP diusulkan mendapat remisi umum II, yakni mereka yang mendapatkan remisi langsung bebas pada tanggal 17 Agustus 2022 .

”Penerima remisi masih didominasi WBP tindak pidana narkotika sebanyak 6.040 orang,” kata Bambang di Palembang, Selasa (16/8/2022).

Syarat usulan remisi, kata Bambang, di antaranya berkelakuan baik yang dibuktikan dengan tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun waktu enam bulan terakhir, telah menjalani pidana selama enam atau lebih dan telah mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh lapas/rutan dengan predikat baik.

Baca Juga: Lemkapi Minta Timsus Polri Hati-hati Tetapkan Tersangka Baru Kasus Sambo

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Sumber: Antara

Tags

Terkini

X