• Minggu, 25 September 2022

Legislatif Penajam Paser Utara Dukung KPK Usut Tuntas Korupsi Penyertaan Modal Perumda

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 20:44 WIB
Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Syahruddin M Noor. (Antara)
Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Syahruddin M Noor. (Antara)

PENAJAM PASER UTARA, insidepontianak.com – Legislatif atau Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur mendukung langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut tuntas kasus dugaan korupsi menyangkut penyertaan modal Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Benuo Taka.

Pengusutan dugaan korupsi penyertaan modal Perumda Benuo Taka sedang berproses menurut Ketua DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Syahruddin M Noor tidak bisa dihindari harus mengikuti prosedur hukum.

KPK telah menindaklanjuti kasus dugaan korupsi penyertaan modal Perumda Benuo Taka karena diduga terjadi penyelewengan dalam penggunaannya,” kata Syahruddin M Noor, di Penajam, Rabu (10/8/2022).

Penyertaan modal yang disalurkan kepada Perumda Benuo Taka tersebut adalah uang rakyat, penegak hukum sedang mendalami dan yang terlibat bakal terungkap dari hasil penyelidikan.

Baca Juga: Kasus Kematian Brigadir JKomnas HAM Belum Terima Konfirmasi Lokasi Pemeriksaan Ferdy Sambo

Penyertaan modal dikucurkan sekitar Rp12,5 miliar dari total lebih kurang Rp29,6 miliar kepada Perumda Benuo Taka pada 2021.

Penyertaan modal yang dikucurkan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara itu ditujukan untuk pembangunan pabrik penggilingan padi.

"Terjadi permasalahan dalam penyertaan modal Perumda Benuo Taka, dan diproses penegak hukum sesuai prosedur atau mekanisme," jelas dia.

Hingga kini tidak terlihat pembangunan fisik pabrik penggilingan padi yang rencananya dibangun di Desa Sri Raharja, Kecamatan Babulu tersebut.

Berdasarkan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), penyertaan modal yang telah disalurkan tidak ada dalam rekening Perumda Benuo Taka, sehingga terdapat kerugian negara.

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Sumber: Antara

Tags

Terkini

X