• Senin, 8 Agustus 2022

Melanggar Izin Tinggal, Seorang WNA Cina Dideportasi Oleh Imigrasi Batam

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 14:08 WIB
Imigrasi Batam melakukan konferensi pers terkait deportasi WNA China  (Antara)
Imigrasi Batam melakukan konferensi pers terkait deportasi WNA China (Antara)

BATAM, insidepontianak.com - Kerena melanggar izin tinggal seorang Warga Negara Asing (WNA) asal China berinisial YXB dideportasi oleh Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam.

“YXB di Batam sudah sejak tahun 2018, dengan menggunakan visa kerja di Batam. Tapi yang bersangkutan melakukan kegiatan di luar izin tinggal yang diperuntukkan kepadanya. Dia tidak hanya melakukan pekerjaan di perusahaan A, tapi juga ada kegiatan atau pekerjaan di tempat lain yang tidak sesuai dengan izin tinggal,” ujar Kepala Kantor Imigrasi kelas I TPI Batam, Subki Miuldi di Batam Kepulauan Riau, Sabtu (25/6/2022).

Pendeportasian YXB ini kata Subki, bermula ketika salah seorang warga Batam melaporkan YXB dan meminta YXB untuk dideportasi.

“Dan setelah kami lakukan penyelidikan terhadap berkas YXB, memang betul bahwa dia melakukan pelanggaran izin tinggal. Kami langsung mengambil tindakan tegas berupa pedetensian dan pendeportasian,” katanya.

Baca Juga: Ditjen Imigrasi Deportasi Warga Jepang Terkait Penipuan Bansos Covid-19

Namun sebelum kasus ini diselesaikan, Subki menyebutkan bahwa ada berita yang mengatakan pihak imigrasi menerima uang dari YXB untuk segera dideportasi agar masalah hukumnya di Indonesia tidak ditindaklanjuti.

“Tapi justru ini terbalik karena ini memang permintaan dari pelapor. Mereka ini memang ada pertikaian, jadi kalau ada isu imigrasi ada menerima uang, saya jauh dari itu ya. Kami mencoba profesional untuk tidak melanggar SOP (Standar Operasional Prosedur) dan justru kami sudah sesuai dengan SOP,” ucapnya.

Untuk selanjutnya, Subki mengatakan bahwa pemeriksaan bukti-bukti pelanggaran YXB sudah selesai dilakukan dan segera memulangkan dia ke negara asal.

“Kantor Imigrasi Batam selanjutnya akan memberangkatkan XYB ke Jakarta untuk pendeportasian dengan pengawalan hingga pintu pesawat,” ungkapnya.

Baca Juga: Interpol Polri Kawal Proses Deportasi Buronan Kasus Bansos Covid-19 di Jepang

 

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Sumber: Antara

Tags

Terkini

X