• Selasa, 28 Juni 2022

Polri Ungkap Penyalahgunaan Puluhan Ton Solar di Pati

- Selasa, 24 Mei 2022 | 17:28 WIB
Polri mengungkap kasus penylahgunaan BBM bersubsidi jenis solar dengan menemukan barang bukti puluhan ton solar. (Insidepontianak.com/Antara)
Polri mengungkap kasus penylahgunaan BBM bersubsidi jenis solar dengan menemukan barang bukti puluhan ton solar. (Insidepontianak.com/Antara)

PATI, insidepontianak.com - Direktorat Tindak Pidana Tertentu, Badan Reserse Kriminal (Dir Tipidter Bareskrim) Polri, mengungkap praktik penyalahgunaan BBM jenis solar di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Adapun barang bukti solar yang ditemukan sebnyak 25 ton. Disimpan di sejumlah mobil pengangkut tangki siluman.

"Aksi penyalahgunaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar itu terjadi sejak tahun 2021 hingga kasus tersebut terungkap," kata Kabareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto dalam konferensi pers, dikutip dari Antara, Selasa (24/5/2022).

Agus menyebut, modus para pelaku menimbun solar itu, dengan cara membeli solar bersubsidi di SPBU menggunakan kendaraan yang sudah dimodifikasi.

Baca Juga: Yuliansyah Sebut Pergantian Suriansyah dari Pimpinan DPRD Kalbar Hanya untuk Penyegaran

Selanjutnya, solar itu ditampung di gudang tempat penyimpanan yang dibuat khusus. Kemudian, solar dijual untuk kepentingan kapal-kapal nelayan. Pelaku mendistribusikan solar ini menggunakan mobil truk tangki berkapasitas 24.000 liter dan 16.000 liter.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi menambahkan, kasus terbongkar mulai dari penangkapan sebuah kapal tanker. Hasil pengembangan kasus ini lah yang menjadi jalan membongkar koneksi pemasok solar itu.

Demikian halnya, kata dia, dua perusahaan penyalur solar nonsubsidi PT Razka Pradipta Energi dan PT Aldi Perkasa Energi akan dilakukan penyidikan dan pengungkapan kasus itu hingga tuntas untuk memberikan efek jera.

Ahmad Lutfi menegaskan, Polri tidak tidak main-main dalam rangka menindaklanjuti perintah Kapolri terkait penyalahgunaan BBM bersubsidi yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polda Jambi Gelar Pelatihan Investigasi Karhutla

Minggu, 26 Juni 2022 | 20:37 WIB
X