• Rabu, 7 Desember 2022

Pemilik Kendaraan Wajib Tahu, Berikut 6 Cara Perawatan Rem Mobil Agar Awet

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 22:35 WIB
Rem Mobil (Lipepal)
Rem Mobil (Lipepal)

insidepontianak.com - Rem merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan kendaraan, baik itu sepeda motor maupun mobil. Tidak sedikit pemilik kendaraaan yang kurang memperhatikan bagian rem, apalagi sampai membawa masalah di kemudian hari.

Bagian rem mobil sendiri terdiri dari berbagai macam komponen, seperti cakram, bantalan rem atau kanvas, sistem anti-lock serta master cylinder. Berbagai macam komponen yang menunjang kinerja tekanan kekuatan atau daya tarik harus dirawat berkala. Lalu, bagaimana cara perawatan rem mobil yang benar?

Berikut Caranya, dilansir dari partnerautocar.com

1.Pembersihan Bagian Cakram dan Kanvas Rem

Rem di bagian cakram memiliki bentuk yang terbuka sehingga akan selalu menghadap jalanan yang memiliki debu dan partikel asing. Tentu perawatan utama adalah membersihkan bagian cakram rem dari kotoran pada kanvas rem atau piston yang mengurangi efektivitas sistem rem. Dua bagian utama, yaitu kanvas dan cakram rem sama-sama harus diperiksa dan dibersihkan secara rutin, apalagi sehabis melewati jalanan berdebu atau jalanan dengan genangan air.

Baca Juga: BRI dan Majoo Kolaborasi, Beri Solusi Digital Non Tunai Merchant di Indonesia

2. Membubut Piringan Rem Mobil

Karena permukaan di kanvas rem seiring dengan berjalannya kendaraan bisa menipis, maka bunyi decitan kerap terjadi. Perawatan yang bisa kamu lakukan adalah mengamplas atau membubut kampas atau piringan cakram rem mobil agar permukaannya tetap rata. Namun kondisi ini berlaku bila fisik dari kampas rem atau piringan masih cukup prima. Bila sudah menipis alangkah baik menggantinya karena dapat menyebabkan retak-retak atau pecah di piringan cakram.

3.Penyemprotan Pembersih Cakram

Halaman:

Editor: Andi Ridwansyah

Tags

Terkini

Kenali Tanda-tanda Wiper Mobil Rusak

Minggu, 27 November 2022 | 14:53 WIB
X