• Rabu, 5 Oktober 2022

TPID Sanggau Lakukan Monitoring Harga dan Bahan Pangan, Kubin: Beberapa Komoditi Terpantau Stabil

- Jumat, 23 September 2022 | 13:30 WIB
TPID Kabupaten Sanggau saat melakukan monitoring harga pangan dan kebutuhan masyarakat di Kecamatan Parindu, Kamis (22/9/2022)./Istimewa
TPID Kabupaten Sanggau saat melakukan monitoring harga pangan dan kebutuhan masyarakat di Kecamatan Parindu, Kamis (22/9/2022)./Istimewa

SANGGAU, insidepontianak.com - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sanggau melakukan monitoring harga dan ketersediaan bahan pangan secara serentak di tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Parindu, Kecamatam Sakayam dan Kecamatan Tayan Hilir, Kamis (22/9/2022).

Monitoring tersebut dilakukan TPID bertujuan memantau kondisi harga bahan pangan dan kebutuhan masyarakat lainnya setelah pemerintah mengumumkan kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) pada 3 September 2022 lalu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Sanggau, Kubin menyampaikan ada beberapa lokasi yang dimonitoring oleh tim diantaranya pasar tradisional, toko sembako, pangkalan LPG dan SPBU.

Baca Juga: Kementerian BUMN Umumkan 4 Sub-Holding Baru PLN, Makin Lincah Jadi Perusahaan Energi Berbasis Teknologi

“Saya bersama tim, ada dari Perindagkop dan UM, Dinas Kominfo, Loka POM, dan Forkompimcam Parindu melakukan monitoring bersama di pasar tradisonal, toko sembako, pangkalan LPG dan SPBU,” kata Kubin.

Kadis Kubin menjelaskan, berdasarkan monitoring, terdapat sejumlah komoditi yang mengalami kenaikan imbas dari naiknya harga BBM yang memicu tingginya ongkos angkutan. Akan tetapi, beberapa komoditi terpantau masih stabil.

"Yang naik itu bawang merah, dari Rp 35 ribu naik menjadi Rp 40 ribu sampai Rp 60 ribu perkilogram. Telur stabil, Rp 1.800 – Rp 2.000 perbutir. Untuk sayuran masih relatif stabil, hanya komoditi wortel dan tomat yang sedikit mengalami kenaikan. Untuk kondisi bahan pangan dan kebutuhan lainnya di Parindu relatif aman,” pungkas Kubin. ***

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X