• Rabu, 10 Agustus 2022

Pria Ini Tiba-tiba Memiliki Suara Serak Secara Misterius Selama Setahun

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 07:50 WIB
Waspada suara serak tiba-tiba (foto@ilustrasi)
Waspada suara serak tiba-tiba (foto@ilustrasi)


PONTIANAK, insidepontianak.com - Selama satu tahun, suara seorang pria semakin lama semakin serak. Pidatonya menjadi melengking dan serak, tetapi dia tidak tahu mengapa.

Setelah memeriksa pria itu, dokter menemukan alasannya. Jamur tumbuh di tenggorokannya.

Menurut laporan kasus pria itu, yang diterbitkan Kamis (4 Agustus) di jurnal JAMA Otolaryngology–Head & Neck Surgery, pria itu tampak sehat ketika dia pergi ke sebuah klinik di Pennsylvania yang merawat kondisi kepala dan leher.

Baca Juga: Ini Benar-benar Hujan Bahan Kimia Selamanya, Badai Bisa Berlangsung Selama Beberapa Dekade

Pria itu, berusia 60-an, melaporkan bahwa dia mengalami "suara serak yang semakin memburuk" dan sesak napas selama 12 bulan terakhir. Dokter perawatan utamanya sebelumnya telah merawatnya dengan kortikosteroid inhalasi pengobatan standar untuk asma, tetapi gejalanya tidak membaik.

Untuk memeriksa pita suara dan laring pria, "kotak suara" berongga yang menahan lipatan vokal, dokter menggunakan teknik pencitraan berkecepatan tinggi yang disebut videostroboscopy. Pemeriksaan ini mengungkapkan pembengkakan "parah" di jaringan yang melapisi tenggorokan pasien, dan pembengkakan ini menyebabkan jalan napas menyempit.

Para dokter juga melakukan biopsi pada jaringan dari laring pria itu dan memastikan bahwa jaringan itu bengkak, tidak beraturan, dan "remah" saat disentuh, yang berarti mudah robek.

Pemeriksaan close-up jaringan sampel mengungkapkan bercak sel laring mati yang dikelilingi oleh kelompok sel kekebalan , mengisyaratkan bahwa sel telah mati karena peradangan hebat di tenggorokan. Pemeriksaan tersebut juga mengungkapkan sel ragi yang mulai tumbuh, yang dikelilingi oleh sel kekebalan dan mulai menelan.

Baca Juga: Piala AFF U 16: Myanmar Harus Kerja Ekstra Lolos Semi Final Lawan Kamboja
Terkait: 10 kasus medis paling aneh tahun 2021

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Sumber: sciencealert.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X