• Sabtu, 1 Oktober 2022

Sempat Ditentang, Kini Google Maps Street View Hadir di India

- Rabu, 27 Juli 2022 | 15:21 WIB
 Ilustrasi logo Google Maps.  (Antara/Pexels)
Ilustrasi logo Google Maps. (Antara/Pexels)


JAKARTA, insidepontianak.com - Google Maps baru saja meluncurkan layanan Street View di India, bermitra dengan perusahaan lokal untuk pengumpulan data.

Street View dari Google Maps sendiri adalah representasi virtual lingkungan di Google Maps, yang terdiri dari jutaan gambar.

Pemerintah India semula tidak mengizinkan layanan Street View dari Google Maps ini di negara tersebut dengan alasan keamanan, Reuters mengutip pemberitaan media lokal.

Laman Indian Express, dikutip Rabu (27/7/2022), melaporkan Google Maps Street View bisa hadir lantaran negara tersebut meluncurkan kebijakan geospasial nasional pada 2021. Berdasarkan aturan tersebut, perusahaan lokal bisa mengumpulkan data dan memberikan lisensi kepada platform lain.

Baca Juga: Google Maps Berikan Fitur Baru Informasi Perkiraan Tarif Tol

Google bekerja sama dengan perusahaan lokal Tech Mahindra dan Genesis International untuk layanan Street View. Mereka mengadakan Proyek Gullify untuk Street View di 10 kota.

Hingga akhir tahun ini, mereka berencana menghadirkan 50 kota di India pada Google Maps Street View. Dalam dua tahun, mereka ingin memetakan 700.000 kilometer wilayah India pada aplikasi tersebut.

Google sempat mencoba Street View di India, namun, dihentikan pada 2011 karena mendapat protes dari kepolisian. Pemain lokal antara lain Wonobo dan MapMyIndia menawarkan layanan yang sama berupa pemetaan panorama 360 derajat.

Baca Juga: Aduh! Pemudik Tersesat Akibat Mengikuti Google Maps di Karawang

Editor: Haksoro

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Spesifikasi dan Harga Vivo Y35 di Indonesia

Rabu, 17 Agustus 2022 | 18:44 WIB

Tips Menjaga Baterai HP Anda Awet dan Tahan Lama

Senin, 15 Agustus 2022 | 19:26 WIB
X