• Minggu, 25 September 2022

Anda Penderita Autoimune Psoriasis? Ini Pesan Motivasi dari Penyintas

- Rabu, 6 Juli 2022 | 08:05 WIB
ilustrasi kulit
ilustrasi kulit


JAKARTA, insidepontianak.com – Tak selamanya penyakit-penyakit tertentu menimbulkan banyak salah paham di masyarakat, seperti penyakit autoimune psoriasis.

Penyakit autoimune psoriasis adalah peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit bersisik, menebal, mudah terkelupas dan terasa gatal. Psoriasis biasanya muncul di kulit bagian lutut, siku, punggung bagian bawah, dan kulit kepala.

Nah ini pesan motivasi dari penyintas autoimune psoriasis, Cantika Abigail.

Baca Juga: Wow, Stranger Things Sudah Ditonton Selama Lebih dari 1 Miliar Jam! Netflix Sempat Crash

Sebagai penyintas, ia berpesan kepada masyarakat agar tidak perlu merasa takut atau cemas yang berlebihan apabila menderita penyakit tertentu.

Ia berpendapat, nilai diri seseorang tidak ditentukan oleh penyakit atau pun kesalahan di masa lalu, melainkan dari progress diri dan keinginan orang tersebut untuk menjadi lebih baik.

“Dulu aku belum terbuka tentang psoriasis karena aku masih malu dan masih belum nyaman. Setelah aku terbuka, ternyata mereka malah nyemangatin aku. Jadi aku merasa, oh ternyata psoriasis ini enggak punya power apa-apa terhadap aku,” kata Cantika Abigail.

Saat ditemui di Jakarta pada Selasa, penyanyi yang akrab dipanggil Cantika itu mengatakan bahwa dirinya di diagnosa terkena psoriasis sejak tahun 2011.

“Awalnya muncul di kulit kepalaku dulu, gatal banget dan aku garuk sampai berdarah. Setelah (periksa) ke dokter, dan ternyata psoriasis,” ujar Cantika Abigail.

Penyebab psoriasis masih belum diketahui secara pasti, tapi diduga penyebab psoriasis adalah akibat dari gangguan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, stres, infeksi tenggorokan dan cuaca dingin juga bisa memicu psoriasis.

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenali Penyakit Jantung Bawaan Melalui Gejalanya

Jumat, 23 September 2022 | 07:45 WIB

Awas, Sembelit Dapat Sebabkan Kanker Usus

Jumat, 23 September 2022 | 07:15 WIB

Mau Umur Lebih Panjang? Lakukan 6 Kebiasaan Ini

Rabu, 14 September 2022 | 15:32 WIB
X