• Rabu, 30 November 2022

WIR Group dan Unpad Berkolaborasi Kembangkan Metaverse Dunia Pendidikan

- Minggu, 3 Juli 2022 | 15:37 WIB
Foto bersama usai menandatangani Nota Kesepahaman Kerja Sama Pengembangan Eduverse, di Bandung.  (Antara)
Foto bersama usai menandatangani Nota Kesepahaman Kerja Sama Pengembangan Eduverse, di Bandung. (Antara)


JAKARTA, insidepontianak.com - Perkembangan dunia pendidikan global saat ini telah memaksa para praktisi edukasi untuk meninggalkan metode lama yang bertumpu pada sistem pendidikan tatap muka ke sistem pendidikan online serta hibrida.

Pemanfaatan teknologi metaverse dalam dunia pendidikan atau disebut eduverse pun digadang-gadang sebagai salah satu solusi pembelajaran masa depan.

Guna menjawab tantangan tersebut, perusahaan teknologi PT WIR Asia Tbk atau WIR Group menjalin kerja sama dengan Universitas Padjajaran atau Unpad Bandung dan Institut Pembangunan Jawa Barat atau Injabar sebagai pelaksana pengembangan platform edukasi di metaverse atau eduverse.

"Kami melihat transformasi digital global melalui metaverse sudah sedemikian tinggi dengan tingkat kompetisi yang kian ketat, sehingga menuntut banyak lembaga pendidikan untuk ambil bagian dalam implementasi teknologi digital metaverse agar tetap berada pada jalur kompetisi," kata  Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Unpad Yanyan Mochamad Yani, dalam keterangan bersama yang diterima pada Minggu (3/7/2022).

Direktur Injabar Keri Lestari menyatakan optimistis bahwa transformasi digital Injabar melalui metaverse dapat meningkatkan kapabilitas lembaga kajian ini.

"Untuk menjadi pendamping utama dan wadah pengetahuan bagi Jawa Barat dalam menyusun dan mengambil kebijakan, dalam rangka membangun daya saing dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat," kata dia.

Baca Juga: Perusahaan Anak Bangsa Dipercaya Bangun Metaverse Wisata Mediterania

Lebih lanjut Keri Lestari menjelaskan, Injabar Unpad memerlukan mitra dan dukungan untuk dapat menyelaraskan diri dengan kemajuan teknologi digital yang memiliki akselerasi dan dinamika yang tinggi.

"Untuk menghadirkan teknologi digital, selain dibutuhkan pengetahuan juga sarana aplikasi pendukung untuk dapat memanfaatkan dan memperoleh benefit optimal dari teknologi yang diharapkan akan berdampak positif bagi masyarakat banyak," ujarnya.

Sementara Chief Marketing Officer WIR Group Gupta Sitorus menyatakan apreasiasinya terhadap Unpad dan Injabar yang telah memilih WIR Group sebagai mitra dalam mengembangkan eduverse.

"Masuknya Injabar Unpad dalam dunia metaverse menambah daftar panjang sektor pendidikan, riset dan penelitian yang memanfaatkan teknologi metaverse untuk pengembangan berbagai lini dalam sistem pendidikan di kampus, serta kemampuan sumber daya manusia," ujar Gupta.

Ia melanjutkan, ini merupakan salah satu fase dari rangkaian kolaborasi pengembangan ekosistem untuk mendukung metaverse Indonesia di sektor pendidikan dan riset dan penelitian.

Sebelumnya, WIR Group telah menjalin kerja sama dengan institusi pendidikan lain, maupun dengan sektor industri dan bisnis, dalam rangka mendorong partisipasi pelajar dan mahasiswa dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi metaverse.

Baca Juga: Raksasa Teknologi Ramai-ramai Bentuk Forum Metaverse

 

Editor: Haksoro

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X