• Selasa, 28 Juni 2022

Selangkah Lebih Cepat, Samsung Akan Produksi Massal Chip 3 Nanometer Pekan Depan

- Kamis, 23 Juni 2022 | 18:13 WIB
Logo Samsung Electronic yang terlihat di bangunan kantornya di Seoul, Korea Selatan. Foto diambil 23 Maret 2018.  (Reuters)
Logo Samsung Electronic yang terlihat di bangunan kantornya di Seoul, Korea Selatan. Foto diambil 23 Maret 2018. (Reuters)


JAKARTA, insidepontianak.com - Samsung dikabarkan bersiap memproduksi massal chip berukuran 3 nanometer (3 nm) pada pekan depan. 

Hal ini membuktikan bahwa Samsung berhasil selangkah di depan dalam menciptakan teknologi prosesor ponsel pintar, mendahului kompetitornya yaitu Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. atau TSMC yang juga mengumumkan akan merilis chip 3 nanometer pada 2023.

Chip 3 nanometer itu akan dibangun di atas teknologi Gate-All-Around (GAA), yang menurut Samsung akan memungkinkan pengurangan area hingga 45 persen sambil memberikan kinerja 30 persen lebih tinggi dan konsumsi daya 50 persen lebih rendah, dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Dikutip dari Kantor Berita Yonhap, Kamis (23/6/2022), raksasa teknologi asal Korea Selatan itu bahkan sudah memamerkan chip 3 nanometernya kepada Presiden AS Joe Biden bulan lalu ketika mengunjungi kompleks Pyeongtaek Samsung.

Samsung kini memiliki predikat sebagai pembuat chip memori terbesar di dunia dan juga pemain terbesar kedua.

Baca Juga: TSMC Akan Rilis Chipset 3 Nanometer Tahun Depan

Ke depannya, Samsung akan mengembangkan chip dengan ukuran yang lebih kecil namun berperforma tinggi di mulai dari node proses 2 nanometer yang ditargetkan bisa mulai diproduksi massal di 2025.

Adapun saat ini TSMC sebagai salah satu produsen chip terbesar di dunia dan kompetitor Samsung, tertinggal selangkah karena baru akan memproduksi massal chip 3 nanometernya di antara akhir 2022 atau awal 2023.

Kedua perusahaan telah bersaing ketat untuk mengungguli satu sama lain dengan membawa chip paling canggih dan efisien ke pasar massal dan untuk memenangkan pelanggan untuk pembuatan chip kontrak.

Menurut pelacak industri TrendForce, TSMC mengambil 53,5 persen dari pasar global, diikuti oleh Samsung dengan 16,3 persen, pada kuartal pertama tahun ini.

Halaman:

Editor: Haksoro

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Poco F4 Hadir di Indonesia Akhir Bulan Ini

Jumat, 24 Juni 2022 | 14:10 WIB

Samsung Rilis Galaxy F13 untuk Pasar India

Kamis, 23 Juni 2022 | 21:57 WIB
X