• Jumat, 12 Agustus 2022

Takut Naik Pesawat? Mungkin Anda Alami Aerophobia! Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

- Selasa, 21 Juni 2022 | 13:36 WIB
Ilustrasi penerbangan  (ANTARA/M. Irfan Ilmie)
Ilustrasi penerbangan (ANTARA/M. Irfan Ilmie)


PONTIANAK, insidepontianak.com – Pernah dengan istilah Aerophobia? Nah bagi kalian yang tak femiliar dengan istilah medis ini kerap digunakan untuk menggambarkan mereka yang takut naik pesawat terbang.

Secara medis, bisa diartikan Aerophobia atau kengerian luar biasa saat harus naik pesawat, seperti dilansir dalam lama Sehatq.com.

Dalam artikel itu juga menyebutkan Aerophobia bisa lebih kompleks karena umumnya gejala yang dihadapi bisa terlihat jelas.

Baca Juga: 90 Persen Hutan Mangrove di Pantura Jawa Barat Rusak

Bahkan, digambarkan mereka yang memiliki Aerophobia akan mengalami rasa takut yang terus menerus bertahan bukan hanya terjadi beberapa saat saja. Sehingga harus ditangani segera karena bisa membahayakan.

Masih dalam artikel ini, Aerophobia adalah aviophobia. Menurut penelitian tahun 2016 dari University of New England, setidaknya 2,5-40% orang bisa merasakan kecemasan akibat naik pesawat setiap tahunnya.

Gejala Aerophobia

Pembeda utama Aerophobia dengan ketakutan biasa saat naik pesawat adalah rasa ngeri yang begitu intens. Sangat mungkin muncul kecemasan berlebihan hanya saat berpikir tentang naik pesawat atau terbang.

Beberapa gejala fisik yang mungkin muncul ketika hal ini terjadi di antaranya:

Detak jantung meningkat
Disorientasi
Keringat berlebih
Kulit memerah
Menggigil
Mual
Napas tersengal-sengal
Sensasi seperti tersedak
Sistem pencernaan terasa tidak nyaman
Tidak bisa berpikir jernih

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Sumber: Sehatq

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X