• Rabu, 29 Juni 2022

Organisasi Kesehatan Dunia WHO Serukan Waspada Penularan Virus Cacar Monyet

- Senin, 23 Mei 2022 | 17:15 WIB
Kasus penyebaran virus cacar monyet mulai menyebar ke luar negara endemik. Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengigatkan negara mengantisipasi pennyebaran virus berbahaya ini.  (Scitechdaily.com)
Kasus penyebaran virus cacar monyet mulai menyebar ke luar negara endemik. Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengigatkan negara mengantisipasi pennyebaran virus berbahaya ini. (Scitechdaily.com)

JENEWA, insidepontianak.com - Organisasi Kesehatan Dunia-WHO memperkirakan jumlah temuan kasus virus cacar monyet akan meluas.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia WHO, temuan virus cacar monyet diperkirakan bertambah jika identifikasi kasus dilakukan meluas di luar negara-negara endemik penyakit ini.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia WHO, hingga 21 Mei 2022, ditemukan 92 kasus virus cacar monyet. Sebanyak 28 kasus ditemukan di negara non-endemik virus

 

Dari kasus yang ditemukan di luar negara endemik, belum diketahui adanya kasus yang fatal hingga menyebabkan kematian.

Kasus terkonfirmasi dan terduga terbanyak dilaporkan oleh Inggris, Spanyol, dan Portugal. Sisanya dari Australia, Belgia, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Swedia, dan Amerika Serikat.

Kasus-kasus yang dilaporkan, sejauh ini tidak memiliki hubungan perjalanan yang mapan ke daerah endemik.

Kasus-kasus terutama tetapi tidak secara eksklusif, diidentifikasi di antara pria yang berhubungan seks dengan pria (LSL) yang mencari perawatan di perawatan primer dan klinik kesehatan seksual.

Semua kasus yang sampelnya dikonfirmasi oleh PCR telah diidentifikasi terinfeksi clade Afrika Barat.

Urutan genom sampel swab dari kasus yang dikonfirmasi di Portugal menunjukkan kecocokan yang dekat dengan virus monkeypox.

Halaman:

Editor: Haksoro

Tags

Terkini

X