• Senin, 27 Juni 2022

Yuk, Kenali dan Atasi Trauma Rasial yang Kamu Alami

- Jumat, 20 Mei 2022 | 07:44 WIB
Ilustrasi foto Stop Rasis (Pixabay.com)
Ilustrasi foto Stop Rasis (Pixabay.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Trauma mengacu pada respons emosional terhadap peristiwa yang menjengkelkan, seperti bencana alam atau kejahatan kekerasan. Nah, apa itu trauma rasial? Yuk, kenali. 

Pengertian trauma rasial adalah, reaksi terhadap pengalaman rasisme, termasuk kekerasan atau penghinaan. Anda mungkin juga mendengarnya disebut sebagai trauma berbasis ras atau stres traumatis berbasis ras.

Semua jenis trauma, termasuk trauma rasial, dapat berkontribusi pada perkembangan gangguan stres pasca-trauma, suatu kondisi kesehatan mental yang ditandai dengan berbagai efek mental dan fisik.

Mengingat betapa merajalelanya rasisme, hampir tidak mungkin bagi orang kulit hitam, masyarakat adat, dan warga kulit berwarna lainnya, menghindari beberapa tingkat trauma rasial.

Baca Juga: Jemaat Ahmadiyah di Sintang Masih Trauma Diserang

Berikut adalah melihat lebih dekat apa yang melibatkan trauma rasial, dan bagaimana menemukan dukungan yang sesuai secara budaya, seperti dikutip dari healthline.

Siapa yang terpengaruh?

Trauma rasial mempengaruhi siapa saja yang mengalami rasisme. Pengalaman ini tidak harus langsung.

Jika Anda berkulit hitam, misalnya, paparan berulang kali pada rekaman atau laporan tertulis tentang kebrutalan polisi terhadap orang kulit hitam lainnya adalah traumatis.

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Sumber: Healthline

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resume Novel Siege and Storm Karya Leigh Bardugo

Minggu, 26 Juni 2022 | 07:00 WIB
X