• Selasa, 28 Juni 2022

Pahami Adab-adab Ketika Berdoa, Biar Doa Diijabah dan Mustajab

- Selasa, 17 Mei 2022 | 11:58 WIB
ilustrasi berdoa  (net)
ilustrasi berdoa (net)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Dalam Islam, salah satu yang dianjurkan adalah berdoa. Doa adalah salah satu cara yang dianggap paling efektif bagi umat muslim dalam meminta petunjuk kepada Allah SWT.

Dengan berdoa, segala apa yang ingin dilakukan dianggap umat Islam akan baik pada akhirnya.

Tahulan kalian, Allah SWT dan Rasulullah SAW menganjurkan kira berdoa dalam segala kondisi.

Baca Juga: Setelah Somasi, Lasarus Maafkan Gubernur Sutarmidji

Nah, tapi saat berdoa, kita harus tahu dan paham akan adab-adab berdoa agar diijabah dan mustajab. Ini agar doa yang dipanjatkan sesuai kaidah dengan etika yang baik dan pastinya sesuai anjuran dalam AL Quran dan hadis.

Dikutip Insidepontianak.com dari artikel Ayoindonesia.com berjudul “10 Adab Berdoa dalam Islam Menurut Al Quran dan Hadis,”.

Islam adalah agama yang mengajarkan kita untuk hidup dengan mengedepankan adab dan akhlak dalam segala sesuatu, termasuk berdoa kepada Allah SWT.

Maksud adab kepada Allah, yakni bagaimana cara kita beradab saat berhadapan dengan lewat ibadah, saat kita berdoa, dan saat memujinya dan menguatkan iman kepadanya.

Sangat jelas, bahwa yang dijadikan patokan dalam adab adalah adab atau akhlak yang dicontohkan Rasulullah SAW.

Sebagaimana dalam salah satu ayat Al Quran yang artinya, “ Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS. AL-Ahzab (33) : 21).

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Sumber: AyoIndonesia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X