• Senin, 8 Agustus 2022

Masker Terbaik Cegah Virus Masuk, Dari N95 hingga KF94

- Senin, 7 Maret 2022 | 10:39 WIB
29915-masker-n95-shutterstock
29915-masker-n95-shutterstock

PONTIANAK, insidepontianak.com - Disiplin menjalankan protokol kesehatan adalah salah satu cara untuk mencegah virus Corona varian baru masuk ke tubuh. Seperti penggunaan masker yang aman dan mampu mencegah virus.

Protokol kesehataan tak hanya slogan tapi masyarakat dituntut untuk makin disiplin. Tapi tahukah Anda ada jenis masker terbaik untuk cegah Omicron?

Masker Terbaik untuk Cegah Omicron

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat yang dirilis pada 14 Januari lalu, masker terbaik yang bisa digunakan adalah jenis masker N95. Jika digunakan dengan benar, masker ini bisa menyaring hingga 95% partikel di udara.

Bahan dari masker N95 ini nyaman digunakan dan efektif menyaring udara yang dihirup. Terdiri dari jaring serat kecil yang diisi energi elektrostatik, membuat masker ini bisa benar-benar menghambat virus yang ada di udara untuk masuk ke saluran pernapasan.

Jenis masker lain yang juga bisa jadi opsi terbaik adalah KN95. sebenarnya masker ini memiliki spesifikasi yang serupa dengan N95, hanya saja di produksi di tempat dan dari pabrikan yang berbeda, sehingga memiliki nama yang berbeda pula.

Sebagai alternatif Anda bisa menggunakan masker KF94, yang bisa menyaring hingga 94% partikel udara yang dihirup sehingga bisa memberikan proteksi yang hampir serupa. Masker ini dibuat di Korea Selatan, dan juga direkomendasikan untuk digunakan dalam menangkal Omicron.

Bedanya dengan Masker Kain

Tentu jika berbicara perbedaannya, cukup jelas terlihat dari bahan yang digunakan dalam membuat masker ini. Masker N95 dan sejenisnya dibuat dengan memanfaatkan lelehan serat plastik yang berukuran sangat kecil, hingga dapat menyaring partikel udara yang ukurannya kecil pula.

Pada masker kain, serat kain yang digunakan cenderung besar sehingga partikel udara atau virus yang ukurannya lebih kecil masih bisa lolos. Ini mengapa dalam memaksimalkan proteksi terhadap varian Omicron, direkomendasikan masker N95 dan sejenisnya, sehingga partikel virus bisa dihambat ketika akan terhirup.

Meski jenis masker terbaik untuk cegah Omicron adalah masker N95, namun tidak berarti masker lain tidak memiliki daya proteksi terhadap virus ini. Masker kain atau masker bedah tetap memberikan proteksi pada virus Covid-19, hanya saja jika dilihat dari derajat perlindungannya, masker N95 memang memberikan proteksi terbaik karena alasan teknis tersebut.

 

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Resume Novel The Worst Best Man Karya Mia Sosa

Minggu, 7 Agustus 2022 | 07:12 WIB
X