• Senin, 8 Agustus 2022

Kunyit, Tanaman Herbal yang Bisa Ditanam di Pekarangan Rumah

- Jumat, 4 Februari 2022 | 13:03 WIB
79833-ilustrasi-bubuk-kunyit-pixabaynirmalsarkar
79833-ilustrasi-bubuk-kunyit-pixabaynirmalsarkar

PONTIANAK, insidepontianak.com – Jika Anda punya pekarangan rumah tapi bingung mau menanam apa saja, baiknya tanaman herbal bisa jadi pilihan. Seperti kunyit.

Menanam tanaman herbal, seperti kunyit tak hanya menghijaukan pekarangan rumah tapi juga bisa dimanfaatkan untuk olahan kesehatan bagi keluarga.

Seperti diketahui kunyit merupakan salah satu tanaman herbal atau obat uang juga rempah dapur. Kunyit adalah rempat dapur yang paling banyak dicari. Terutama oleh para penjual nasi kuning.

Tahukan kalian bagaimana cara menanam kunyit di pekarangan rumah? Nah, mimin akan agikan tips menanam kunyit, seperti dikutip Suara.com dari Good House Keeping.

Persiapan Menanam Kunyit di Pekarangan Rumah

Kunyit membutuhkan waktu setidaknya 7- 10 bulan untuk panen sejak proses penanaman. Selain itu, meski bisa dibudidayakan sepanjang tahun, pertumbuhan paling baik kunyit ada pada awal musim hujan.

Sumber rimpang

Kunyit tumbuh dari rimpang yang berstruktur seperti akar berdaging. Anda bisa membelinya di toko tanaman herbal. Pilihlah rimpang yang montok dan memiliki banyak tonjolan (tunas) di sepanjang sisinya.

Cara Menanam Kunyit di Pekarangan Rumah

Setelah mendapatkan rimpang berkualitas tinggi, siapkan pot atau tempat menanam lain berukuran 14-18 inchi untuk setiap rimpang berukuran 6-8 inchi. Namun untuk memulai, lebih baik tumbuhkan rimpang terlebih dahulu di wadah yang lebih kecil, kemudian memindahkannya ke wadah yang lebih besar ketika mereka telah memiliki beberapa daun.

Cara menanam kunyit di rumah:

Potong rimpang menjadi beberapa bagian, dengan dua atau tiga kuncup di setiap bagian
Isi tanah dengan pot hingga memenuhi setengah bagiannya.

Letakkan bagian rimpang di atas tanah dan tutupi lagi dengan tanah sampai pot cukup penuh
Siram dengan baik dan masukkan pot ke dalam kantong plastik bening
Letakkan pot di tempat yang hangat.

Menempatkan pot berisi rimpang kunyit di ruangan bersuhu rendah akan memperlambat pertumbuhannya atau bahkan membuat mereka busuk sebelum bertunas. Jika memungkinkan, berikan alas panas yang bisa membuat suhu di sekitar kunyit benar-benar hangat.

Jika tidak memiliki ruangan yang cukup panas, coba tempatkan kunyit di dekat lampu meja atau sesuatu yang bisa membuat mereka merasa lebih hangat.

Perawatan Tanaman Kunyit

Jaga suhu ruang penyimpanan

Periksa pot Anda secara berkala. Ketika tunas mulai bermunculan, pindahkan pot ke dekat jendela atau di bawah lampu tanam. Saat tunas kunyit sudah tumbuh melebihi penutup plastiknya, lepaskan.

Beri air secukupnya

Salah satu kunci merawat kunyit adalah dengan menjaga tanahnya tetap lembap, namun tidak basah. Sirami daun kunyit 1-2 kali sehari untuk menjaga kelembabannya.

Pindahkan ke pot yang lebih besar

Ketika tanaman kunyit mencapai tinggi hingga 6-8 inchi, sudah waktunya Anda memindahkan kunyit ke pot berukuran lebih besar yang sudah dipenuhi oleh media tanam. Jika memungkinkan, Anda juga bisa memindahkan kunyit ke halaman dengan memberi naungan parsial pada beberapa hari pertama agar daunnya tidak terbakar matahari langsung.

Pemupukan

Supaya tumbuh subur, berikan kompos teh pada kunyit setiap beberapa minggu sekali atau pupuk jenis lain yang dibuat khusus untuk kentang atau umbi-umbian.

Panen

Kunyit siap panen ketika daun dan batang mulai menguning dan mengering, sekitar 7-10 bulan setelah penanaman. Cara memanen kunyit adalah mengeluarkan semua bagiannya dari tanah, lalu bersihkan tanah yang menempel. Potong batangnya sekitar satu inci di atas rimpang, kemudian cuci rimpang dengan baik untuk digunakan kembali.

Itulah beberapa tips menanam kunyit di rumah. Mudah, kan? Selamat mencoba!

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Resume Novel The Worst Best Man Karya Mia Sosa

Minggu, 7 Agustus 2022 | 07:12 WIB
X