Berikut 5 Ide Makanan Berkuah Pedas: Ada Seblak hingga Ramen, Mana Pilihan Kamu?

16 April 2024 12:26 WIB
makanan berkuah pedas/masakapahariini

PONTIANAK, insidepontianak.com - Hujan dan makanan berkuah plus pedas lagi pastinya akan membuat nikmat saat menikmati hidangan di tengah rintik hujan di tepi jendela bukan? 

Nah, kali ini mimin akan berikan ide makanan berkuah pedas untuk bisa menyegarkan hari-hari kamu agar lebih ceria. Makanan berkuah ini umumnya sop, ramen, mie kuah, hingga ayam dengan kuah kental didalamnya.

Umumnya, makanan berkuah pedas yang akan mimin bagikan adalah hidangan simpel rumahan yang bisa dibuat dengan kecepatan tangan dan tak sampai membutuhkan waktu yang lama. 

Berikut ide makanan berkuah yang bisa membuat kamu jatuh cinta pada tekstur dan cita rasa yang ada, yuk di simak artikel ini hingga tuntas. 

1. Seblak

Kata seblak ternyata berasal dari kata ‘nyeblak’, yang artinya ‘ngagetin’. Seakan tepat dipakai untuk mewakili reaksi seseorang yang mencicipi makanan berkuah pedas ini.

Bagaimana tidak? Makanan berkuah pedas yang satu ini terbuat dari bahan utama kerupuk yang dicampur dengan aneka isian pelengkap, seperti ceker ayam, telur orak-arik, aneka sayuran. 

Umumnya, seblak berbahan utama kerupuk. Biasanya bahan makanan ini digoreng ini juga bisa diolah menjadi makanan yang lebih menarik.

Kuahnya yang pedas nan kental terbuat dari campuran cabai dan rempah yang dimasak bersama kencur. Tak hanya memperkaya rasa, kencur yang dimasak akan mengeluarkan aroma khas.

2. Ayam Kuah Pedas 

Bagi pencinta makanan berkuah pedas, rasa segar nan menantang dari sajian yang satu ini dijamin bakal bikin kamu tambah terus. Rasanya satu porsi saja tidaklah cukup.

Terbuat dari ayam dengan aneka bumbu, seperti bawang, lengkuas, daun salam, dan lainnya, sajian ini begitu mudah dibuat. Eits, tapi jangan anggap remeh ya, soal rasa, wah, dijamin bisa memulihkan rasa lelah setelah seharian beraktivitas.

Ayam di sini bisa diganti menggunakan ayam kampung, agar rasanya bisa lebih legit. Sajikan selagi hangat tambah mantap!

3. Ramen Kuah Pedas

Ramen biasanya cocok dihidangkan saat musim hujan menghampiri. Kalau kamu pencinta makanan berkuah pedas, wah, pastinya susah menolak. Sekarang, tidak harus menempuh antar negara atau ke resto makanan Jepang untuk menikmati sajian ini. 

Ternyata, kamu bisa memasak ramen kuah pedas di rumah menggunakan bumbu rumahan dan bermacam topping.

Cukup tumis daging dengan shoyu dan bumbu lainnya, buat tumisan lalu campurkan dengan kuah kaldu yang sudah disiapkan. 

Biar makin nikmat dan berasa seperti makan di negeri asalnya, jangan lupa untuk lakukan gaya makan ramen ala warga Jepang.

Seruput mie dengan menimbulkan bunyi karena selain lebih nikmati dan mendinginkan mie dalam sekejap, nikmat di musim hujan yaa. 

4. Cireng Banyur Kuah Pedas

Warga Indonesia memang tak pernah kehabisan ide untuk meracik aneka bahan makanan. Salah satu mahakarya dalam dunia jajan adalah cireng. Terbuat dari aci atau tepung tapioka yang digoreng, ternyata makanan ini memiliki banyak penggemar. 

Tak heran jika sejak tahun 80an hingga sekarang, makanan ini masih eksis. Kini, cireng bahkan telah berkembang dengan aneka rasa dan bentuk penyajian, salah satunya diguyur kuah pedas gurih yang dijamin bikin merem melek saat menikmatinya

5. Tongseng Ayam Pedas

Siapa yang tak kenal dengan makanan berkuah pedas yang satu ini? Siapapun pasti kenal dengan tongseng. Salah satu sajian dari trio makanan khas Jawa Timur ini selalu punya tempat tersendiri di hati penikmatnya. 

Bagaimana tidak, paduan rasa pedas, segar, gurih, serta aneka bumbu dan rempah ada di sana. Rasanya hampir mirip gulai, hanya saja kuahnya lebih sedikit dan ditambahkan beragam sayuran. Karena masaknya dioseng, jadilah dikenal dengan sebutan tongseng.

Jika biasanya tongseng disajikan dengan daging kambing, buat yang tidak suka bisa diganti dengan daging ayam, lho.

Nah, satu trik, jika ingin memasak tongseng ayam, gunakan paha ayam bagian bawah dan atas beserta kulitnya supaya rasanya lebih gurih. Karena bagian ini berlemak dan lebih kenyal teksturnya jika dibandingkan bagian dada.

Demikian 5 ide makanan berkuah pedas yang bisa kamu cicipi, yuk di coba di sini. (REDAKSI)

Leave a comment