Berikut 5 Jenis Rempah Khas Indonesia yang Wajib Kamu Tahu: Punya Segudang Manfaat hingga Khasiat untuk Pengobatan

16 April 2024 08:30 WIB
Minuman rempah/masakapahariini/istock

PONTIANAK, insidepontianak.com - Indonesia kaya akan rempah baik untuk kesehatan tubuh. Sebut saja kunyit, jahe hingga temulawak. Salah satu manfaatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Tubuh perlu imun kuat, makanya rempah-rempah khas Indonesia ini sangat baik untuk kesehatan. Manfaatnya pun banyak sudah diuji klinik oleh para ahli dan farmasi dunia. 

Nah mimin akan merekomendasikan 5 jenis rempah yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh hingga beragam manfaat lainnya yang wajib kamu tahu. Apalagi, bagi kamu yang tingkat toleransi terhadap cuaca sangat rendah alias mudah sakit saat perubahan cuaca. 

Berikut 5 rempah dengan khasiat tinggi yang punya segudang manfaat. Apa saja mereka? yuk simak artikel ini hingga tuntas.

1. Jahe 

Jahe sudah dikenal sejak dulu di Cina sebagai obat herbal yang dapat mengatasi rasa mual. Dari sebuah penelitian di sana, jahe tak hanya meningkatkan daya tahan tubuh tapi juga mengurangi risiko peradangan atau anti-inflamasi.

Cara mengolah jahe menjadi suplemen sebenarnya sederhana saja. Kamu bisa merebus jahe yang sudah digeprek selama beberapa menit. Jika tak punya banyak waktu, jahe geprek bisa langsung kamu masukkan ke dalam air hangat. 

Jika tak terlalu suka dengan rasanya yang kuat, kamu bisa menyelipkannya dalam makanan sehari-hari.

Ada banyak hidangan yang menggunakan jahe, salah satunya sup jamur brokoli. Intip resepnya, yuk, siapa tahu bisa kamu hidangkan malam ini di rumah.

2. Kunyit 

Kunyit yang telah ditumbuk diletakkan di atas mangkuk di atas meja kayu bersama kunyit lainnya.

Kunyit mengandung kurkumin yang memberikan warna kuning pada rempah ini. Kurkumin sendiri diakui karena begitu banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Misalnya karena memiliki fungsi anti-inflamasi, membantu menyembuhkan sindrom metabolisme, artritis, hingga mendukung pemulihan tubuh secara umum.

Namun selain dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kunyit punya banyak manfaat lainnya.

Misalnya saja di India, rempah ini dipakai untuk bahan bumbu kari. Sementara di Jepang dipakai untuk bahan teh, di Korea untuk minuman, dan di Amerika Serikat sebagai bahan saus mustard ataupun untuk olahan keju, mentega, dan keripik.

Lalu, bagaimana cara mengolah kunyit jadi minuman? Caranya mirip dengan mengolah jahe. Rebus air bersama kunyit yang telah dicuci dan diiris. Kamu bisa menambahkan madu atau gula merah agar rasanya tidak kecut.

3. Bawang Putih

Rempah yang menambah rasa gurih pada makanan ini memiliki fungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan aliasin pada bawang putih menjadi antibiotik alami yang membantu menguatkan sistem imun.

Ada satu riset yang mengusulkan bahwa bawang putih dapat mencegah kemungkinan terjadinya flu.

Namun, tak semua orang bisa menyantap bawang putih mentah secara langsung. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mengiris bawang putih lalu merebusnya dengan air. Tambahkan perasan lemon dan madu agar rasanya lebih enak.

4. Temulawak 

Selain kunyit, rempah yang mengandung kurkumin adalah temulawak. Temulawak dikenal sebagai tanaman herbal. Tercatat pada Badan Pengawan Obat dan Makanan (BPOM RI), ada sekitar 900 resep obat tradisional menggunakan temulawak. 

Rempah ini diakui manfaatnya dalam membantu meningkatkan nafsu makan dan menjaga ketahanan tubuh. Bahkan temulawak juga membantu mengobati gatal-gatal atau eksem, hingga penyakit ginjal.

Kamu tidak perlu menyantap langsung temulawak mentah karena rasanya yang agak getir. Kamu bisa mengupas kulit dan mengirisnya terlebih dahulu.

Lalu, rebus temulawak beberapa menit hingga airnya menguning. Jika punya bahan lebih, kamu juga bisa mencampurnya dengan jahe atau sereh untuk memperkaya rasanya.

5. Air lemon 

Segelas air lemon hangat tersaji dia atas nampan kayu dan didampingi buah lemon serta daun mint.

Popularitas lemon sebagai sumber vitamin C sudah jadi rahasia umum. Dalam 100 gram lemon terdapat 27 mg vitamin C, 0.5 gram mineral dan 0.9 gram protein. Vitamin C membantu meningkatkan daya tahan tubuh jika rutin dikonsumsi dalam dosis tertentu.

Demikian 5 rempah khas Indonesia yang punya banyak manfaat dan segudang khasiat yang wajib kamu tahu. Yuk buat minuman sehat sekarang juga. (REDAKSI)

Leave a comment