Resep Ramadhan Hari Ini: Yuk Racik Minuman Khas Hongkong Teh Kopi Yuan Yang, Asli Beda!

4 April 2024 12:30 WIB
Teh Kopi Yuan Yang/masakapahariini.com

PONTIANAK, insidepontianak.com - Siapa yang tak suka dengan racikan kopi dan teh? Mimin aja suka yaa bun. Kali ini di resep Ramadhan hari ini, minuman teh kopi Yuan Yang akan  dibagikan. 

So, jangan skip artikel ini dan baca hingga tuntas ya bunda. Minuman teh kopi Yuan Yang cukup unik. Dari namanya saja bisa diketahui asal minuman ini. 

Di Tiongkok sana, tepatnya Hong Kong teh kopi Yuan Yang sangat populer. Minuman ini juga disebut dengan kata ‘yuenyueng’, ‘yinyong’, atau ‘yinyeung’, semuanya sama saja. Artinya sendiri berasal dari simbolisasi cinta dalam kebudayaan Tiongkok.

Maksudnya, 'yuenyueng' digambarkan dengan simbol burung jantan dan betina. Tak hanya itu, minuman ini juga identik dengan konsep yin yang. 

Apapun namanya, rasa khas yang unik dari teh kopi Yuan Yang sampai ke Indonesia. Budaya ngeteh dan ngopi khas Peranakan dari kehadiran kedai-kedai yang disebut kopitiam makin mempopulerkan minuman ini. 

Berikut resep Ramadhan hari ini dengan teh kopi Yuan Yang dikutip masakapahariini.com.

Bahan-bahan
2 Porsi

350 ml susu cair rendah lemak
150 ml air panas
2 kantung SariWangi Teh Asli 
1 sdt kopi bubuk instan
3 sdm gula aren

Cara membuat
1
Aduk rata kopi bersama air panas hingga larut.

2
Panaskan susu di atas api kecil. Angkat. Masukkan gula dan SariWangi Teh Asli.

3
Seduh bersama SariWangi Teh Asli selama 2-3 menit. Keluarkan teh.

4
Aduk rata teh susu dan kopi. Sajikan.

Jadi deh, pas banget ya kalau dihidangkan bersama cemilan lain. Momentnya akan sangat harmonis ya bunda. Yuk dicoba di rumah. (REDAKSI)

Leave a comment