Manfaat Biji Kurma untuk Kesehatan Tubuh, Ini Penjelasan Berdasarkan Hasil Riset

24 Maret 2024 05:54 WIB
Ilustrasi buah kurma. (Pixabay)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Buah kurma menjadi makanan khas berbuka puasa. Namun tak banyak yang tahu, ternyata, biji buah khas Timur Tengah ini juga bisa dikomsumsi.

Bahkan, mengomsumsi biji kurma yang sudah diolah dalam bentuk bubuk, bagus untuk kesehatan tubuh. Karena mengandung berbagai nutrisi.

Biji kurma berkhasiat tinggi karena mengandurng polifenol, asam fenolik, karotenoid, serat pangan, lemak, protein, mineral, dan lainnya.

Melansir laporan PMJ News, penelitian Tabriz University of Medical Sciences, Iran yang dipimpin Elham Moelemi, Parvin Dehghan dan Mostafa Khani menggali potensi manfaat biji kurma (Phoenix dactylifera) terhadap kesehatan dan kinerja orang yang aktif.

Dalam protokol uji coba terkontrol yang direncanakan, para peneliti mengevaluasi efek suplementasi bubuk biji kurma terhadap nutrisi, stres oksidatif, status anti/inflamasi, kesehatan mental, dan kinerja olahraga pada individu yang aktif secara fisik.

Seperti dikutip dari National Library of Medicine, Kamis (21/3/2024), bubuk biji kurma memiliki potensi untuk meningkatkan kinerja olahraga pada individu yang aktif, terutama yang melakukan latihan interval intensitas tinggi (HIIT).

Studi pada manusia dan hewan sebelumnya telah melaporkan hasil positif terkait dengan efek biji kurma terhadap sistem pertahanan antioksidan, peradangan, hiperglikemia, hiperlipidemia, serta kesehatan mental.

Hal ini menunjukkan potensi biji kurma sebagai suplemen berbiaya rendah dengan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Meskipun penelitian mengenai efek suplementasi biji kurma telah dilakukan sebelumnya, belum ada penelitian yang secara khusus mengevaluasi konsumsi bubuk biji kurma pada individu yang aktif secara fisik, terutama dalam konteks latihan interval intensitas tinggi.***

Leave a comment