Bubur Candil Gula Merah: Hidangan Wajib Puasa yang Tak Boleh Dilewatkan, Ayo Siapa yang Kangen Takjil Ini?

19 Maret 2024 09:49 WIB
Bubur Cendil Gula Merah/Cookpad

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kali ini mimin akan bagikan resep Ramadhan hari ini adalah Bubur Candil Gula Merah. Hidangan ini masuk dalam kudapan manis ya bund, dengan gula merah plus santan kelapa kental. Duh, mimin ngiler. 

Bubur Candil Gula Merah ini sebagai masyarakat Indonesia menganggap menu 'wajib' bagi keluarga mereka, meski tidak semua menerapkan ini. 

Bubur Candil Gula Merah ini sangat cocok jadi cemilan usai sholat taraweh yaa, saat itu kamu mungkin lapar lagi dan kudapan manis ini langsung digas. 

Bubur Candil Gula Merah ini dibuat dari beras ketan, tepung beras kemudian ada juga gula merah hingga santan kelapa. Makin nampol diberi daun pandan biar wangi harum saat dimasak. 

Sementara untuk tekstur dari Bubur Candil Gula Merah ini kenyal, manis, asin dan gurih. Perpaduan bahan-bahan utama ini menghasilkan paduan rasa yang unik. 

Tunggu apalagi, berikut resep Bubur Candil Gula Merah. Jangan skip artikel ini di tengah jalan yaa, baca hingga tuntas biar tidak salah saat memasak.


Bahan-bahan

 35 menit

 3-4 orang

200 gr tepung ketan

2 sdm tepung beras

1/2 sendok garam

150 ml air hangat untuk adonan tepung

500 ml air untuk merebus

150 gr gula jawa (resep asli 200 gr)

1 lembar daun pandan


Bahan pengental:

2 sendok makan tepung tapioka dilarutkan dengan 2 sendok air


Bahan saus santan

150 ml santan (dari 65ml kara ditambahkan air)

1/4 sdt garam

1 lembar daun pandan


Cara Membuat

1

Rebus gula jawa kemudian saring.

2

Campur tepung ketan, tepung beras dan garam aduk rata. Tuangi air hangat sedikit demi sedikit sambil di uleni sampai bisa dipulung. Ambil sedikit adonan, bulat- bulatkan.

3

Masukkan ke air gula kemudian rebus. Bila sudah mengapung semua dan dirasa sudah matang, tuang bahan pengental aduk-aduk hingga kental. Matikan api

4

Untuk saus santan: rebus santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk-aduk hingga mendidih, matikan api.

5

Sajikan bubur di mangkok, tuangi saus santan.

Demikian Bubur Candil Gula Merah yang bisa kamu buat dan praktekan. Ingat, ikuti langkah-langkah dan cara membuatnya, dijamin anti gagal. (REDAKSI)

Leave a comment