Mau ke Pontianak tapi Bingung Makan Apa? Yuk List 7 Kuliner Khas Lokal yang Bisa Jadi Pilihan Kamu

14 Maret 2024 08:21 WIB
Ilustrasi che hun tian kuliner khas Pontianak

PONTIANAK, insidepontianak.com - Jalan-jalan ke Kota Pontianak jangan lupa ke sejumlah spot wisata pilihan. Nah, salah satu yang wajib kamu kunjungi adalah wisata kuliner lokalnya. 

Tak lengkap rasanya ke suatu daerah tak mencicipi menu lokal kuliner khas lokal di sana, salah satunya di Kota Pontianak yang pastinya menawarkan banyak makanan unik dan khas. 

Apa saja? Nah mimin akan merekomendasikan sejumlah makanan hingga kudapan khas Pontianak yang wajib kamu icip-icip. Kalian harus tahu, banyak kuliner masih terkesan jadul tapi soal rasa tak perlu diragukan lagi.

Umumnya, kuliner khas Pontianak masih banyak sebagai dijual di tempat makan hingga restoran. Sebut saja bubur pedas, kue bingke, choi pan, che hun tian kuetiaw, pacri nenas hingga pengkang. 

Berikut kuliner khas Pontianak yang wajib kamu coba saat datang ke Kota Pontianak.

1. Bubur Pedas

Bubur pedas ini berasal dari Kabupaten Sambas, khas Melayu di sana lalu berkembang hingga masyarakat Melayu di Kalimantan Barat. Bubur pedas terbuat dari beras yang digiling yang diberi sejumlah sayuran, seperti pakis, wortel, jagung, kentang hingga diberi daun kesum. 

Supaya lebih klop perpaduan rempah-rempah dan bumbu. Terakhir, penambahnya diberi ikan teri kering dan kacang tanah goreng plus bawang goreng. Makanan ini terkenal lho dan dijual di sejumlah warung makan hingga restoran. 

2. Kue Bingke

Nah, ini juga wajib ada saat berbuka puasa. Terutama kue khas lokal Pontianak, seperti kue bingke, kue talam hingga blodar. Siapa yang tak tahu rasa manis dan gurih dari kue bingke khas Pontianak ini. Pastinya, kuliner kue manis seperti kue bingke akan menambah semangat saat hendak berbuka puasa bukan? 

Kue bingke ini terbuat dari tepung dan telur dengan berbagai topping dan berbagai rasa. Sekarang ada rasa keju, coklat, macha maupun rasa lainnya. 

3. Chai Kue

Chai Kue ini juaranya saat mau berbuka bagi orang Pontianak. Kuliner khas peranakan Tionghoa ini lembut dan kenyal plus gurih. Biasanya chai kue paling laris diburu saat bulan puasa. Di setiap pasar juadah, menu satu ini tidak pernah absen selau saja habis saat dijual. 

Kalian harus tahu chai kue atau choi pan merupakan salah satu jajanan khas Pontianak perpaduan kuliner Tionghoa. Chai kue terbuat dari tepung sagu dan tepung beras sementara untuk isian ada bengkuang yang dipadu dengan kucai dan kacang tanah, ada juga isian keladi. 

4. Pisang Goreng Srikaya

Bagi yang suka ngopi di warung kopi Pontianak pasti tahu kuliner khas Pontianak satu ini. Namanya, pisang goreng srikaya Pontianak. Dengan daging pisang yang manis ditambah tepung kriuk dan krispi plus olesan srikaya makin membuat ngopi kalian nikmat. 

Nah, pisang goreng srikaya Pontianak ini sangat pas untuk menjaga teman dan keluarga saat ngumpul-ngumpul bersama. 

5. Gorengan Lawit/Bakwan Lawit

Nah, ini salah satu menu wajib tak hanya orang Pontianak saja tapi hampir seluruh warga Indonesia wajib ada di depan meja saat berbuka bukan? Namun, bedanya di Kota Pontianak gorengan laris manis bak kacang goreng, terutama gorengan bakwan lawit yang juara abis. Jam 4 bukan, tak menunggu lama ludes, bahkan antri.

6. Mie Tiaw

Mie tiaw aatau kuetiaw adalah sejenis mie beras yang dibawa oleh masyarakat Tionghoa yang kemudian digoreng atau berkuah. Umumnya, mie tiaw identik dengan Etnis Tionghoa dan Tio Ciu yang kemudian beradaptasi saat orang peranakan mendiami sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Kota Pontianak. 

7. Che Hun Tian 

Jika bicara menu dingin, pastinya orang Pontianak akan mengaju pada che hun tian. Nah, ce hun tian adalah minuman dimgind engan mie sagu, ketan hitam, kacang merah ditambah gula merah dan santan manis. 

Di Jalan WR Supratman, yakni Ce Hun Tiau Ahua paling terkenal. Tak pernah sepi, apalagi jika bulan puasa pastinya antri yaa. 

So, jangan lupa beri komentar bintang lima yaa. (REDAKSI)


Leave a comment