Arif Joni: Semangat Berpuasa adalah Memberi

13 Maret 2024 14:41 WIB
Anggota DPRD Kalbar Fraksi PKS, Arif Joni Prasetyo. (Instagram)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan rahmat. Sebab, segala kebaikan akan dilipat gandakan. 

Pada bulan yang mulia ini, umat muslim dianjurkan memperbanyak sedekah kepada sesama. Begitu kata Anggota DPRD Kalimantan Barat, Ustadz Arif Joni Prasetyo.

Anggota DPRD Kalimantan Barat, Arif Joni Prasetyo menyebut, berbagi kepada sesama dengan berinfak dan bersedekah sangat dianjurkan dan memiliki keistimewaan luar biasa saat Ramadhan sebagaimana riwayat sahabat Anas bin Malik RA:

عَنْ اَنَسٍ قِيْلَ يَارَسُولَ اللهِ اَيُّ الصَّدَقَةِ اَفْضَلُ؟ قَالَ: صَدَقَةٌ فِى رَمَضَانَ

Artinya: Dari Anas dikatakan, Wahai Rasulullah, sedekah apa yang nilainya paling utama? Rasul menjawab: “Sedekah di bulan Ramadhan.” (HR At-Tirmidzi).

Arif Joni berpendapat, semangat orang berpuasa Ramadhan adalah semangat memberi bukan meminta. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata siapa yang memberi makan orang berpuasa maka baginya pahala.

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Artinya: “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi)

Karena itu, pahala yang besar harus memotivasi kita untuk banyak memberi. Kalau seluruh anak bangsa ini senang memberi untuk bangsanya, maka insyaallah negara kita ini akan maju.

"Oleh karena itu Bulan Ramadhan merupakan kesempatan besar bagi seluruh umat muslim meningkatkan kuantitas dan kualitas dalam beribadah,"pungkasnya.(andi)***

Leave a comment