Tips Puasa Pertama Supaya Tidak Loyo, Minuman ini Dianjurkan untuk Menambah Energi

11 Maret 2024 10:58 WIB
Ilustrasi. (Freepik)

JAKARTA, insidepontianak.com -  Pemerintah telah menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah, jatuh pada Selasa 12 Maret 2024.

Puasa bagi umat muslim diawali dengan makan sahur. Tujuannya untuk memenuhi nutrisi agar tubuh kuat saat menjalani puasa sehari penuh.

Karena itu, penting diketahui, apa saja makanan atau minuman yang cocok dikomsumsi dan tidak saat sahur.

Ahli gizi, Fahmy Arif Tsani menganjurkan, sebaiknya saat sahur, minum susu. Sebab, susu lebih tinggi karobohidratnya dibanding minuman lainnya.

 “Ketika sahur, memang susu lebih tepat. Karena tidak hanya sumber karbohidrat saja, tapi juga lebih banyak proteinnya,” ungkap Fahmy dalam talkshow kesehatan yang disiarkan di kanal YouTube TVNU.

Ia pun tak menganjurkan mengomsumsi teh saat sahur. Sebab, efek kenyang yang diberikan dari teh ini relatif lebih rendah dibandingkan susu.

Kendati demikian, mengonsumsi teh saat sahur tidaklah dilarang. Hanya saja, seseorang memerlukan tambahan nutrisi lainnya.

“Kalau sudah terbiasa teh, ya tidak masalah juga,” ujarnya.

Ketika seseorang tidak mendapatkan protein dari teh, menurut Fahmy hal itu dapat diupayakan dengan mencari sumber protein lain seperti dari lauk pauk. 

 “Sumber protein bisa dipenuhi di lauk pauk nabati, maupun hewaninya. Yang penting adalah seimbang. Kalau tidak ada susu, sumber proteinnya bisa dari lauknya,” pungkasnya.***

Leave a comment