• Rabu, 17 Agustus 2022

Realisasi PNBP Lembaga Manajemen Aset Negara Capai Rp746,11 Miliar Per Juni 2022

- Jumat, 24 Juni 2022 | 21:49 WIB
Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi dalam Media Briefing di Jakarta, Jumat (24/6/2022).  (Antara)
Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi dalam Media Briefing di Jakarta, Jumat (24/6/2022). (Antara)


JAKARTA, insidepontianak.com - Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara atau LMAN Basuki Purwadi menyebutkan realisasi pendapatan negara bukan pajak atau PNBP dari institusinya telah mencapai Rp746,11 miliar per 17 Juni 2022.

Basuki menuturkan realisasi tersebut masih 63 persen dari target PNBP yang harus diserahkan oleh Lembaga Manajemen Aset Negara atau LMAN kepada negara tahun ini sebesar Rp1,17 triliun.

"Dibandingkan periode yang sama tahun lalu capaian PNBP aset hingga Juni meningkat 23,5 persen,” katanya dalam Media Briefing di Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Meski baru 63 persen dari target, Basuki mengatakan capaian PNBP ini masih cukup bagus terutama di tengah kondisi saat ini sehingga menunjukkan bahwa Lembaga Manajemen Aset Negara atau LMAN mampu mengoptimalkan aset dengan baik.

Sumber PNBP sendiri berasal dari pemanfaatan aset yakni Lembaga Manajemen Aset Negara atau LMAN telah mengelola 288 aset properti milik negara, dua aset kilang dua aset kilang yaitu Bontang dan Lhokseumawe serta satu aset Kawasan Ciperna sejak 2016 sampai 17 Juni 2022.

Baca Juga: PLN-Kanwil ATR/BPN Kalbar Perkuat Kerja Sama Amankan Aset Negara

Direktur Pengembangan dan Pendayagunaan Lembaga Manajemen Aset Negara atau LMAN Candra Giri Artanto menjelaskan dari total aset kelolaan LMAN itu baru 76 aset yang telah dioptimalisasi.

Sementara aset lainnya yaitu 43 aset masih dalam proses pemasaran, 100 aset sudah clean and clear secara fisik, satu Kawasan Ciperna dan dua aktiva kilang.

Selain mengoptimalkan aset negara, Lembaga Manajemen Aset Negara atau LMAN juga bersinergi dengan pengelola barang milik negara (BMN) melalui jasa konsultasi bagi Kementerian/Lembaga (K/L), Badan Layanan Umum (BLU), pemerintah daerah serta BUMN.

Sejauh ini, Lembaga Manajemen Aset Negara atau LMAN sudah melakukan tujuh kajian rekomendasi optimalisasi aset dengan dua di antaranya adalah kerjasama arranger bersama KJRI LA dan BLU Pengelola Kawasan Kemayoran.

Untuk mitra layanan konsultasi LMAN sejak Januari hingga 17 Juni 2022 meliputi Bank Indonesia, PPK GBK, Balai Besar Kaliberasi Penerbangan, Hutama Karya Realti, RS Persahabatan, PPK Kemayoran (Arranger) dan KJRI Los Angeles (Arranger).

Baca Juga: Amankan Aset Negara, PLN Genjot Kerja Sama dengan BPN Sambas

Editor: Haksoro

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BI Sampaikan Rencana Anggaran Tahun 2023 kepada DPR RI

Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:41 WIB
X