• Selasa, 28 Juni 2022

Perusahaan Agribisnis di Pontianak Pangkas Biaya Produksi 50 Persen Setelah Gunakan Listrik PLN

- Rabu, 18 Mei 2022 | 17:17 WIB
Pengusaha agribisnis di Pontianak pangkas biaya produksi sejak gunakan listrik PLN (Insidepontianak.com/Ist)
Pengusaha agribisnis di Pontianak pangkas biaya produksi sejak gunakan listrik PLN (Insidepontianak.com/Ist)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Perusahaan agribisnis di Pontianak pangkas biaya produksi hingga 50 persen setelah gunakan listrik PLN.

PT Agro Abadi misalnya. Sejak beralih gunakan listrik PLN, perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan beras yang berlokasi di Sungai Raya Dalam itu, berhasil menghemat biaya produksi.

Penggunaan listrik PLN dianggap lebih murah bila dibanding gunakan pebangkit sendiri. Hal ini diungkap Budi Hartono (50), Ouwner PT Agro Abadi.

Menurut Budi, pada tahun 2000 awal perusahaanya berjalan, ia menggunakan mesin genset berkapasitas 100 kW untuk melakukan produksi.

Baca Juga: Listrik PLN yang Andal Topang Kegiatan UMKM di Waterfront Sungai Kapuas Pontianak

Namun, sejak tahun 2018, Ia mulai beralih menggunakan listrik PLN dengan daya 555.000 VA. Hasilnya memang jauh lebih hemat.

"Dulu kita pakai genset cukup lama. Setelah menggunakan listrik PLN ternyata sangat membantu, apalagi listrik PLN jarang padam. Sehingga produksi beras meningkat dan biaya produksi jauh lebih efisien," kata Budi.

Diakuinya, proses produksi tidak akan efektif jika daya listriknya tidak cukup, apalagi kalau masih menggunakan mesin genset.

Menurutnya, menggunakan listrik PLN jauh lebih efektif dan efisien. Tidak perlu membeli BBM yang kadang langka, belum lagi harus mengeluarkan waktu, tenaga, serta biaya operasional mesin genset yang tinggi.

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

IHSG Awal Pekan Ditutup di Zona Merah

Senin, 27 Juni 2022 | 19:29 WIB
X