Bank Kalbar Pertahankan Gelar Bintang 5 pada Ajang TOP BUMD Awards 2024

21 Maret 2024 17:38 WIB
Bank Kalbar Pertahankan Gelar Bintang 5 pada Ajang TOP BUMD Awards 2024. (Istimewa)

JAKARTA, insidepontianak.com - Bank Kalbar, berhasil mempertahankan gelar bintang 5, selama dua tahun berturut-turut, dalam ajang penghargaan paling bergengsi dan terbesar bagi para pelaku BUMD di Indonesia, TOP BUMD Awards 2024. 

Ajang bergengsi ini mengangkat tema: "Penguatan Tata Kelola dalam Membangun Kinerja Bisnis dan  Layanan BUMD."

Dua penghargaan yang berhasil disabet Bank Kalbar dalam ajang bergengsi  tersebut, yaitu Top Pembina BUMD 2024 yang diberikan kepada Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, dan Top CEO BUMD 2024 yang diberikan kepada Direktur Utama Bank Kalbar Rokidi. 

Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2024 yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Top Business, M Lutfi Handayani 

menyatakan, TOP BUMD Awards merupakan kegiatan pembelajaran dan penghargaan kinerja BUMD yang terbesar dan paling membanggakan, yang diberikan kepada BUMD, CEO BUMD, Pembina BUMD (Kepala Daerah) terbaik di Indonesia.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap BUMD, dapat terpacu untuk selalu berprestasi dan berperan penting dalam pembangunan daerah dan perekonomian nasional,” jelas Lutfi di sela acara penganugerahan yang diselenggarakan di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Menurut Lutfi, ada beberapa kriteria penilaian kepada para finalis TOP BUMD Awards 2024 ini. Pertama adalah  pencapaian kinerja bisnisnya, baik dan berkelanjutan (achievement)

Selain itu, perusahaan terus melakukan perbaikan  (improvement/inovasi), berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, dan terakhir memiliki tata kelola perusahaan yang baik.

Top BUMD Awards juga merupakan kegiatan corporate rating yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia. 

Top BUMD Awards merupakan penghargaan yang diberikan kepada BUMD-BUMD Terbaik di Indonesia termasuk BLUD dan  Omas yang terkait BUMD, atas Achievement (prestasi), Improvement (perbaikan), dan Contribution (Kontribusi) BUMD yang telah dilakukan, terkait kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah. 

Penghargaaan yang diselenggarakan oleh majalah Top Business ini, bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (IOTDA) dan beberapa Lembaga, Asosiasi dan Konsultan Bisnis.

Seperti Lembaga Kajian Nawacita, SGL  Management, PPM Manajemen, Sinergi Daya Prima, Dwika Consuitmg, Melani K Harriman & Associate, dan Solusi  Kinerja Bisnis, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran Bandung, dengan  melibatkan Dewan Juri beberapa Profesor dan Doktor di bidang Bisnis Ekonomi, serta para Praktisi dan Konsultan  Bisnis. 

Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi mengucapkan syukur, Bank Kalbar berhasil mempertahankan gelar Top BUMD Awards 2024 Bintang 5, untuk yang kedua kalinya berturut-turut.

"Kami merasa terharu atas penganugerahan penghargaan ini. Pengakuan ini memperkuat komitmen kami untuk terus berinovasi dan memberikan nilai tambah bagi nasabah kami,” ungkap Rokidi. 

Rokidi menilai, penghargaan ini diberikan sebagai salah satu bentuk pengakuan atas kontribusi nyata Bank Kalbar  dalam mendorong pertumbuhan perekonomian dan memberikan layanan yang berkualitas kepada masyarakat  Kalimantan Barat. 

Penghargaan ini juga merupakan bukti nyata dari komitmen bank dengan tagline ‘Bank Kite Punye Kite’ dalam menjaga standar layanan serta inovasi produk pada industri perbankan daerah. (Andi)***

Leave a comment